SOLOPOS.COM - Untuk menyukseskan Piala AFF U-16 2022, PLN memastikan keandalan pasokan listrik. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA-Untuk menyukseskan Piala AFF U-16 2022, PLN memastikan keandalan pasokan listrik. Sebagaimana diketahui Indonesia didapuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan turnamen sepak bola yang diikuti negara-negara ASEAN.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra, mengatakan PLN telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengamankan listrik di dua lokasi tempat penyelenggaraan turnamen bola tersebut, yaitu Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Sultan Agung Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk memastikan tidak terganggunya listrik saat pertandingan berlangsung, PLN telah menyediakan pengamanan berlapis dengan menyiagakan lima unit Uninterruptible Power Supply [UPS], 1 unit genset daya 50 kVA, dan 2 unit Gardu Bergerak [UGB],” terangnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Selasa (1/8/2022).

Baca Juga: Kementerian ESDM Persilakan IKM Pindah Golongan Tarif Listrik

Peralatan backup tersebut dilengkapi dengan automatic change over switch (ACOS). ACOS sendiri merupakan perangkat yang berfungsi untuk memindahkan beban dari sumber listrik utama ke sumber cadangan secara otomatis dan relatif singkat, sehingga kontinuitas suplai listrik akan terus terjaga

“Sementara itu dari segi pasokan listrik juga dalam keadaan aman. Saat ini daya mampu sistem kelistrikan DIY sebesar 1.080 MW, sedangkan beban puncak tertinggi sebesar 550 MW,” ujar Irwansyah.

Baca Juga: Sukseskan ASEAN Para Games 2022 di Solo, PLN Siagakan Ratusan Petugas

Ia menambahkan sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pemeliharaan jaringan listrik yang menyuplai venue pertandingan untuk meningkatkan keandalan.

“Saat penyelenggaraan AFF U-16, PLN juga menyiagakan sebanyak 175 personel yang stand by di lokasi-lokasi pertandingan, pasukan tersebut terdiri dari 65 personel PLN, 75 personel Yantek, dan 35 personil mitra kerja,” lanjutnya.

Para personel tersebut didukung dengan armada berupa 24 unit kendaraan roda empat, 8 unit kendaraan roda dua, dan 5 crane.

Baca Juga: Begini Langkah PLN Amankan Pasokan Listrik Selama ASEAN Para Games 2022

“Dengan persiapan yang matang baik sebelum penyelenggaraan maupun saat penyelenggaraan AFF U-16 ini, diharapkan acara tersebut berjalan dengan lancar. Dan, mari sama-sama kita dukung Garuda Muda yang sedang berjuang di Piala AFF U-16 untuk dapat mengharumkan nama Indonesia lewat sepak bola,” beber Irwansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya