Suksesi Mangkunegaran Solo, Paundrakarna Sebut Bhre Boneka Ibunya

Putra sulung penguasa Pura Mangkunegaran Solo, GPH Paundrakarna, menyebut GPH Bhre Cakrahutomo hanyalah boneka dari ibunya.
SHARE
Suksesi Mangkunegaran Solo, Paundrakarna Sebut Bhre Boneka Ibunya
SOLOPOS.COM - Putra pertama almarhum Mangkunagoro IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara (kiri), berpelukan dengan adiknya, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (kedua dari kiri), saat acara malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Informasi terbaru mengenai suksesi kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo yang disebut mengerucut ke nama GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo memancing reaksi dari GPH Paundrakarna Suryojiwonagoro.

Paundra yang merupakan putra sulung KGPAA Mangkunagoro (MN) IX memberikan komentar panjang pada unggahan berita Solopos.com berjudul “Berusia 24 Tahun, Ini Sosok Bhre Calon Terkuat Penerus Mangkunagoro IX” di akun Instagram @solopos_com, Kamis (20/1/2022).

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dalam komentarnya, Paundra terang-terangan menyebut adik tirinya itu boneka dari ibunya, GKP Prisca Marina Yogi Supardi. Bahkan, Paundra menuding gara-gara GKP Prisca lah hubungannya dengan Bhre menjadi tidak baik.

Baca Juga: Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

“Ibunya Bhre itu Post Power Syndrome, gila harta, gila hormat, gila kuasa, gila sembah dan lupa diri/ngga’ sadar diri,, Dia Bangsawan palsu, Sejarah asal-usul keluarganya tidak ada Bukti-Bukti/Fiktif,, Ibunya Bhre ngaku-ngaku trah dari Kraton HB Yogyakarta dan juga tidak ada Bukti-Bukti,,” tulis Paundra lewat akun Instagramnya @gphpaundrakarna1.

Lebih lanjut, dalam kolom komentar unggahan berita tentang suksesi Mangkunegaran Solo itu, Paundra menulis ia “tidak bisa mendukung Bhre karena Bhre dipengaruhi dan dikendalikan oleh ibunya dan membuat saya makin membenci dan marah pada Ibunya Bhre karena Ibunya adalah pembuat ulah, perusak tatanan Mangkunegaran, trouble maker, disaster dan jelas-jelas bukanlah Ratu yang seharusnya dan bukan pula Pribadi yang baik,, Tugas dia sebagai Ibu Tiri untuk saya dan adik saya saja sudah gagal Total,,”.

Baca Juga: Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Diminta Bersabar

Pada sisi lain, Paundra mengungkapkan simpatinya terhadap Bhre. Lagi-lagi ia menuding ibu tirinya sebagai penyebab hubungannya dengan Bhre menjadi tidak baik. “Aku mrasa kasihan sama kamu Bhre,, Ibu tiri sayalah yang membuat hubungan baik saya dengan Ayahanda saya, dengan Sura dan dengan Bhre jadi tidak baik dan tidak sehat,,”.

Komentar Paundra itu mendapat respons dari netizen yang memintanya untuk bersabar. Sebagaimana diberitakan, suksesi kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo disebut sudah mengerucut ke GPH Bhre Cakrahutomo sebagai calon KGPAA Mangkunagoro X.

Baca Juga: Kerabat Mangkunegaran Solo soal Calon MN X: Bhre Sosok yang Visioner

Sebelumnya, ada tiga nama yang dinilai layak menjadi pemimpin baru Mangkunegaran menggantikan KGPAA Mangkunagoro IX yang wafat pada Agustus 2021 lalu.

Selain Paundra yang merupakan putra sulung dan Bhre yang merupakan putra bungsu namun berbeda ibu, ada nama KRMH Roy Rahajasa Yamin. Roy merupakan cucu sulung MN VIII serta cucu Mr Moh Yamin, salah satu sahabat Bung Karno.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago