SOLOPOS.COM - Enovid Nose Sanitizer. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Uji klinis fase 3 Nitric Oxide Nasal Spray (NONS) atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Enovid Nose Sanitizer memberikan hasil sukses. Hal ini diumumkan Glenmark Pharmaceuticals, perusahaan farmasi global yang menggandeng Sanotize Research & Development Corp.

Pengujian Enovid Nose Sanitizer atau India diberi nama Fabispray ini dilakukan pada pasien dewasa Covid-19, yang dilakukan di 20 lokasi di India. Studi yang dilakukan kepada pasien Covid-19, mengevaluasi kemanjuran dan keamanan NONS dibandingkan semprotan hidung saline pada pasien dewasa. Percobaan juga menganalisis pasien dengan risiko peningkatan gejala- pasien yang tidak divaksinasi, pasien dalam kelompok usia menengah dan lebih tua, dan pasien dengan komorbid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Enovid Nose Sanitizer yang menghasilkan fresh nitric oxide saat disemprotkan ke hidung, dirancang untuk membunuh virus Covid-19 di saluran pernapasan atas. Telah terbukti sifat anti-mikroba dengan efek virucidal langsung pada virus SARS-CoV-2. Nitric Oxide Nasal Spray (NONS) ketika disemprotkan di atas mukosa hidung bertindak sebagai penghalang dan pembunuh virus, pencegah inkubasi dan penyebaran virus ke paru-paru.

Baca Juga:  Pasien Covid-19 yang Isoman di Karanganyar Minta Bantuan Sembako

Dalam hasil uji klinis fase 3 yang dilakukan pada pasien Covid-19 yang berisiko mengalami peningkatan penyakit, pasien yang tidak divaksinasi, pasien dalam kelompok usia menengah dan lebih tua serta pasien dengan penyakit penyerta (komorbid). Hasilnya, jangka waktu penyembuhan Covid-19 untuk pasien Yang diberikan Enovid rata-rata adalah empat hari dibandingkan dengan 8 hari pada kelompok plasebo (tidak diberikan Enovid). Penggunaan Enovid aman dan ditoleransi dengan baik oleh pasien. Tidak ada pasien yang mengalami Efek Samping sedang, berat, serius atau kematian dalam penelitian ini.

Wakil Presiden Senior & Kepala Pengembangan Klinis, Glenmark Pharmaceuticals Ltd., Monika Tandon, dalam siaran pers pada Kamis (10/2/2022), mengatakan bahwa hasil dari uji coba Fase 3 ini sangat memberi dampak yang bagus.  “Demonstrasi pengurangan viral load memiliki dampak yang sangat membantu. Dalam skenario ini, dengan varian baru yang muncul menunjukkan transmisibilitas tinggi, Enovid memberikan opsi yang berguna dalam perjuangan India melawan Covid-19,” katanya seperti dikutip dari Antara pada Kamis (10/2/2022).

Sementara itu, Dr. Gilly Regev selaku Co-Founder dan CEO Sanotize mengatakan hasil uji klinis selanjutnya memperkuat kemanjuran produk seperti yang ditunjukkan oleh uji coba Fase 2 di Inggris – dengan mitra globalnya Glenmark.

Baca Juga:  Begini Kriteria Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19

“Kami sangat senang dapat menyediakan pasien Covid-19 dengan produk terbukti memberikan penyembuhan lebih cepat. Dan dengan profil keamanan yang terbukti kuat dari studi fase 3 ini, kami berharap ini menjadi pilihan pertama pengobatan, jika tidak pertahanan, untuk menangani Covid-19 di seluruh dunia,” kata dia.

Pada Maret 2021, uji klinis dari Sanotize menunjukkan NONS adalah pengobatan antivirus yang aman dan efektif untuk SARS CoV-2. Dalam 24 jam pertama, NONS mengurangi viral load rata-rata sekitar 95 persen, dan kemudian lebih dari 99 persen dalam 72 jam. (Dalam uji coba Fase 3 India, penurunan viral load sebesar 94 persen dalam 24 jam dan 99 persen dalam 48 jam serupa dengan penurunan yang terlihat pada uji coba NHS Inggris yang dilakukan oleh Sanotize).

Baca Juga: Kemenkes: Angka Positif Covid-19 pada Nakes Meningkat

NONS telah diuji pada sukarelawan dan pasien sehat sebagai bagian dari uji klinis Kanada dan Inggris. Sanotize memiliki uji coba pencegahan Fase 3 global yang sedang berlangsung, yang selanjutnya akan menambah keampuhannya. Uji klinis Fase 3 untuk NONS sekarang diselesaikan oleh Glenmark. Glenmark mendapatkan izin edar untuk Nitric Oxide Nasal Spray (NONS) sebagai solusi penanganan Covid-19 di India. Glenmark juga berencana untuk mengirimkan data uji klinis untuk publikasi dalam jurnal peer-review untuk membagikan temuannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya