Sukses Berbisnis Ikan Cupang, Siswa SMP Ini Bisa Ekspor ke Singapura dan Malaysia

Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi mereka yang terus bergerak dan mencari peluang-peluang bisnis, salah satunya Elang Kamil, pemilik Elbetta Cupang.
Sukses Berbisnis Ikan Cupang, Siswa SMP Ini Bisa Ekspor ke Singapura dan Malaysia
SOLOPOS.COM - Ikan cupang jenis multicolor. (Istimewa/Bernard Ong Bass)

Solopos.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi mereka yang terus bergerak dan mencari peluang-peluang bisnis, salah satunya Elang Kamil, pemilik Elbetta Cupang.

Di usianya yang masih 14 tahun, remaja asal Cimahi, Bandung, Jawa Barat ini sukses mengembangkan bisnis ikan cupang.

Menurut Elang, selama masa pandemi ini, permintaan terhadap ikan cupang hias terbilang cukup tinggi. Pasalnya, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah dan mengisi waktu senggangnya dengan menjalankan hobi, salah satunya memelihara ikan cupang.

“Alhamdulillah, selama masa pandemi ini penjualan semakin meningkat,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Sukses Budidaya Cacing, Diwa Foundation Dapat Bantuan dari Pegadaian

Lewat Instagram

Meski usianya terbilang masih muda, tetapi Elang cukup serius dalam menjalankan usaha yang baru dimulainya pada September 2019.

Remaja yang masih duduk dikelas 3 SMP ini bahkan memanfaatkan berbagai media sosial dalam proses pemasaran. Salah satunya yang cukup banyak mendatangkan pembeli adalah melalui instagram miliknya @elbetta_cupang yang saat ini sudah memiliki 11.000 pengikut.

Bahkan diakui olehnya dalam satu bulan terakhir ini, transaksinya sudah mulai stabil dan terus meningkat.

“Dulu penjualan masih belum tentu karena saya belum terlalu fokus memasarkan di Instagram. Sekarang ketika saya fokus dan penjualan di Instagram sudah stabil, rata-rata per hari transaksi paling minimal Rp500.000 dalam satu bulan terakhir ini,” ujarnya.

Baca Juga: Profil Lo Kheng Hong, Investor Saham Berjuluk Warrent Buffet Asal Indonesia

Elang mendapatkan ikan cupang tersebut dari beberapa supplier yang ada di daerah Cimahi dan beberapa dari Jakarta. Ketika ada yang cocok dan sesuai, maka dia akan melakukan negosiasi dan terjadi proses jual beli.

Penjualannya saat ini tak hanya terbatas di Indonesia saja, dia bahkan sudah mampu memasarkan produknya hingga ke mancanegara seperti Singapura dan rencana proses pengiriman ke Malaysia dalam waktu dekat.

Ikan cupang sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias tawar yang memiliki tampilan warna-warni yang begitu cantik dengan kisaran harga yang mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah.

Belakangan, ikan hias ini cukup digandrungi karena selain bisa menjadi hobi juga cukup menguntungkan jika diperjualbelikan. Bagaimana, Anda tertarik mengikuti jejak Elang berbisnis ikan cupang?

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago