SOLOPOS.COM - Penyanyi Eva Celia saat tampil di acara Mangkunegaran Jazz Festival di Pura Mangkunegaran Solo, Maret 2019 lalu. (Instagram @bhresudjiwo)

Solopos.com, SOLO — Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan akan mengusahakan agar Mangkunegaran Jazz Festival bisa kembali digelar pada 2023 mendatang. Seperti diketahui, acara tersebut sukses menyedot perhatian warga Soloraya tiga tahun lalu.

Acara yang menghadirkan puluhan musisi tersebut digelar pada 29-30 Maret 2019. Mulai dari D’Masiv, Tommy Pratomo, Ardhito Pramono, hingga bintang tamu asal Inggris, Lianne La Havas, meramaikan event tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepada Solopos.com, Bhre mengatakan tahun ini Mangkunegaran Jazz Festival belum bisa digelar karena situasi pandemi Covid-19. Selain itu, waktu yang ada terlalu mepet jika ingin menggelar Mangkunegaran Jazz Festival pada Maret seperti tahun 2019 silam.

Baca Juga: Mangkunegaran Jazz Festival Siap Bikin Gebrakan

“Kalau tahun ini mungkin karena masih situasi pandemi juga. Waktunya juga lebih mepet ya,” kata Bhre, Jumat (18/3/2022). Bhre menambahkan festival yang tak hanya menggelar pertunjukan musik jazz namun juga kuliner dan berbagai kesenian tersehut akan diusahakan untuk digelar lagi tahun depan.

“Kemungkinan kami akan coba di tahun depan [2023]. Karena tahun ini kan balik lagi, pandemi ini kan tidak pasti ya,” katanya. Bhre dan tim juga akan melihat lagi regulasi-regulasi pemerintah mengingat Mangkunegaran Jazz Festival 2019 lalu mampu menyedot perhatian ribuan penonton.

Tunggu Kebijakan Pemerintah

Jika situasi sudah kondusif, ia bersama tim akan mengusahakan agar Mangkunegaran Jazz Festival bisa digelar kembali. “Kami ingin tunggu dulu lah kebijakannya seperti apa, kalau memang sudah ada kepastian baru kami akan maju. Ya kemungkinan besar tahun depan,” jelas Bhre.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bhre Cakrahutomo yang Diumumkan sebagai Mangkunagoro X

Berdasarkan catatan Solopos.com, Mangkunegaran Jazz Festival 2019 merupakan acara yang digagas Bhre dan berhasil menyedot ribuan penonton dalam dua hari penyelenggaraannya yaitu 29-30 Maret 2019.

Acara itu diklaim satu-satunya agenda musik berlatar kerajaan dan digadang-gadang menjadi event tahunan Kota Solo. Pengunjung bisa menikmati keindahan musik jaz sembari merasakan atmosfir Pura Mangkunegaran sebagai salah satu simbol penting kebudayaan Jawa.

Baca Juga: Marcell & Ardhito Siap Hangatkan Mangkunegaran Jazz Festival, Catat Tanggalnya

Bhre saat itu mengatakan agenda tersebut sekaligus sebagai penanda dibukanya kembali Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran yang sebelumnya sempat direvitalisasi.

Acara ini adalah persembahan Mangkunegaran untuk Solo Tujuan utama yang terpenting adalah meningkatkan sisi lokalnya lewat musik, dengan menggandeng sejumlah komunitas jaz di Solo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya