SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak sekolah. (Reuters)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo kembali memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP hingga 29 Mei 2020. Kebijakan ini diambil dengan pertimbangan kian masifnya persebaran virus corona (Covid-19) di wilayah yang disebut sebagai Kabupaten Jamu itu.
Perpanjangan masa belajar di rumah mengacu pada surat keputusan (SK) Bupati Wardoyo Wijaya tentang perpanjangan masa belajar di rumah yang diterbitkan pada Selasa (28/4/2020). Sebelumnya, masa belajar di rumah diperpanjang hanya hingga 30 April.
Lantaran jumlah pasien positif virus corona semakin bertambah, pemerintah akhirnya kembali memperpanjang masa belajar di rumah hingga 29 Mei 2020.
"Pertimbangan utama untuk memutus mata rantai penularan wabah Covid-19. Masa belajar di rumah kembali diperpanjang hingga 29 Mei," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno, kepada Solopos.com, Selasa (28/4/2020).
Mantan Kepala SMAN 1 Sukoharjo itu menyampaikan tak menutup kemungkinan masa belajar di rumah kembali diperpanjang seiring dengan tren peningkatan kasus Covid-19 di Sukoharjo.
Darno telah mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah selama sebulan terakhir. Kendati guru dan siswa berada di rumah, namun KBM dilaksanakan secara online lewat aplikasi pada gawai.
"Khusus selama bulan puasa,  proses KBM siswa ditekankan pada pembangunan karakter dan akhlak dengan pengawasan langsung orang tua," papar dia.
Sementara itu, seorang orang tua siswa SMPN 3 Nguter Sukoharjo, Suradi, mengatakan tak mempermasalahkan adanya perpanjangan masa belajar di rumah. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghambat laju persebaran virus Covid-19. Terlebih, jumlah kasus positif virus corona Sukoharjo paling banyak di Soloraya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya