SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo menyiapkan rencana simulasi atau uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas menyusul lampu hijau dari Provinsi Jawa Tengah.

Simulasi akan digelar di sejumlah sekolah yang ditunjuk dan siap melaksanakan PTM. Kesiapan itu baik sarana prasarana pendukung maupun penerapan protokol kesehatan di satuan pendidikan secara ketat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo mengatakan simulasi PTM akan dilaksanakan dua tahap dimana setiap tahap selama dua pekan dan dilakukan evaluasi pada setiap tahap. “Simulasi PTM akan kita mulai di sekolah yang ditunjuk tentunya yang memenuhi syarat dan telah dilakukan evaluasi oleh Satgas Covid-19,” kata Widodo kepada Solopos.com, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Teuku Ryan dan Ria Ricis Dikabarkan Sudah Lamaran, Benarkah?

Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo tengah menindaklanjuti dan menyiapkan sekolah mana untuk melaksanakan uji coba PTM. Ditanya kapan waktu pelaksanaan uji coba PTM dilaksanakan, Widodo mengaku tergantung dari kesiapan sekolah.

Sebagaimana diatur dalam petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) sesuai edaran Provinsi Jawa Tengah, simulasi PTM untuk jenjang PAUD tiap kelas maksimal dibatasi lima orang, tingkat SD/SMP/MTs maksimal 18 orang, SMA/SMK maksimal 18 orang dan SLB sebanyak lima orang. Kemudian tiap jam pelajaran 30 menit dimana dalam satu hari maksimal empat jam tanpa istirahat.

Di tahap pertama, tiap sekolah hanya dua rombongan belajar dilakukan dengan sistem sif. “Jarak duduk diatur 1,5 meter. Kantin tidak buka,” katanya.

Selain kesiapan sekolah, Pemkab Sukoharjo terus mempercepat vaksinasi virus Corona dengan sasaran tenaga pendidik. Vaksinasi virus Corona diberikan sebagai bentuk perlindungan diri guru dari penularan virus Corona selama mengajar di sekolah. Percepatan vaksinasi kepada tenaga pendidik masih terkendala kuota vaksi yang diberikan pusat. Sehingga sampai saat ini vaksinasi corona belum menyentuh seluruh tenaga pendidik di Sukiharjo.

Baca Juga: Sakit saat Ditangkap, Penceramah Yahya Waloni Dirawat di RS Polri

Sebagaimana diketahui uji coba PTM pernah dilakukan Pemkab Sukoharjo di seluruh jenjang pendidikan. Selama uji coba tersebut belum ditemukan kasus positif corona dari pelaksanaan PTM tersebut. Seusai uji coba, aktivitas kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya