top ear
Petugas kesehatan mengecek kesehatan warga lanjut usia di halaman SDN Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo, Jateng, Minggu (28/2/2021). (Solopos.com-Wahyu Prakoso)
  • SOLOPOS.COM
    Petugas kesehatan mengecek kesehatan warga lanjut usia di halaman SDN Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo, Jateng, Minggu (28/2/2021). (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

Sukarelawan Sibat Turun Tangan Jaga Kesehatan Warga Lansia Solo

Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau Sibat turun tangan memberikan layanan kesehatan warga lansia di SDN Sudiroprajan, Solo.
Diterbitkan Sabtu, 6/03/2021 - 01:30 WIB
oleh Solopos.com/Wahyu Prakoso
1 menit baca

Solopos.com, SOLO — Warga lansia di Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo, Jateng, selama pandemi Covid-19, tidak secara rutin mengakses layanan kesehatan ke puskesmas. Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau Sibat pun turun tangan memberikan layanan kesehatan kelurahan di SDN Sudiroprajan, Solo.

Ketua Sibat wilayah Sudiroprajan, Yanuar Sri Hartono, menjelaskan mendapatkan laporan dari warga mengenai warga lansia dan kelompok rentan yang tidak mengakses layanan kesehatan. Salah satu alasannya adalah akibat rasa khawatir mengenai risiko terpapar Covid-19 saat bepergian ke luar rumah.

Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Beku

Di Solo, Sibat mendapati sekitar 50 warga lansia membutuhkan layanan kesehatan setelah melakukan asesmen. "Yang takut justru anak-anak atau cucu mereka. Mereka takut saat lansia pergi ke luar rumah," kata dia, Minggu (28/2/2021)

Menurut dia, Posbindu Lansia Sudiroprajan menyetop aktivitas selama pandemi Covid-19 sehingga tidak ada layanan kesehatan di kelurahan. Karena itulah sukarelawan Sibat mulai mencoba memberikan layanan cek kesehatan bekerja sama dengan puskesmas setempat.

Cukup KTP & KIS

"Kami memberikan layanan cek kesehatan bagi lansia. Mereka cukup membawa KTP dan Kartu Indonesia Sehat," paparnya. Menurut dia, warga lansia yang diperiksa mendapat obat pada hari Senin.

Pengurus Sibat mengambil obat di Puskesmas setempat dan mendistribusikan obat kepada lansia. Dia berharap kegiatan Minggu pagi itu bisa berlanjut secara kontinu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya