SOLOPOS.COM - Tim SAR membersihkan sampah di Bendungan Ledok, Sragen Tengah, Sragen, Sabtu (26/10/2019). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 700 anggota SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) bersama 100 sukarelawan SAR lainnya membersihkan Sungai Garuda Sragen dari tumpukan sampah, Sabtu (26/10/2019).

Area Sungai Garuda yang dibersihkan sepanjang 2 km, yakni mulai Sungkul Kelurahan Plumbungan, Karangmalang, hingga Bendungan Ledok, Kelurahan Sragen Tengah, Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bersih-bersih sungai itu dibagi menjadi empat lokasi, yakni mulai dari Sungkul (Karangmalang), Kebonagung (Karangmalang), Mageru (Sragen), dan Bendungan Ledok (Sragen). Dari empat lokasi tersebut, tumpukan sampah paling banyak berada di Bendungan Ledok.

Ketua MTA Perwakilan Kabupaten Sragen Agus Suhono saat ditemui wartawan mengatakan kegiatan bersih-bersih sungai ini dilakukan untuk menyambut musim penghujan agar sungai bersih, tidak jadi sarang nyamuk, dan aliran lancar.

Pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen.

“Untuk kebutuhan armada, DLH menyiapkan delapan unit truk pengangkut sampah dan dari MTA menyediakan enam mobil pengangkut sampah. Potensinya besar sehingga perlu antisipasi armada. Bersih-bersih sungai ini juga sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kalau di MTA, rangkaiannya ada donor darah, bantuan air bersih, dan bedah rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Kepala DLH Sragen Samsuri mengatakan potensi sampah di Sungai Garuda Sragen diperkirakan mencapai 100 ton.

Dia menyampaikan untuk membersihkan sampah membutuhkan gerakan masyarakat terus menerus karena kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah ke sungai masih rendah.

“Kami akan gerakan sejumlah elemen masyarakat untuk rutin membersihkan sampah di lingkungan sungai,” katanya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku malu karena inisiatif bersih-bersih sampah di sungai itu justru muncul dari MTA.

Yuni, sapaan akrabnya, mengapresiasi inisiatif MTA serta berharap sinergisitas MTA dan Pemkab terus terjalin pada kegiatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya