SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan MMR dan RAPI Boyolali menata sayur yang akan dikirimkan untuk warga terdampak bencana di Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI—Sejumlah sukarelawan di Boyolali mengirimkan bantuan berupa sayur-sayuran dan logistik lain ke Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Bantuan itu ditujukan untuk masyarakat terdampak musibah erupsi Gunung Semeru.

Pada Kamis siang, sejumlah sukarelawan Merapi Merbabu Rescue (MMR) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Boyolali, berkumpul di salah satu rumah di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Mereka mengemas beberapa jenis sayuran yang menumpuk di teras rumah itu ke dalam plastik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu kantong plastik diisi beberapa jenis sayuran, seperti kubis, sawi putih, wortel, buncis, dan jipang. Ada puluhan kantong plastik yang telah ditata di salah satu sudut halaman rumah. Beberapa dus air mineral juga menumpuk di teras rumah itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Klaten Diterjang Angin Ribut, Pohon Bertumbangan di Bayat dan Trucuk

Ketua RAPI Wilayah 32 Boyolali, Ayup Sardjono, mengatakan berdasarkan informasi yang dia dapatkan dari jaringan RAPI di Lumajang, masyarakat terdampak bencana di Lumajang masih membutuhkan beberapa jenis bantuan. Di antaranya adalah sayur-sayuran.

“Rencana ini kami kirim hari ini dengan armada truk. Kami hanya mengantar kemudian kembali,” kata dia, Kamis.

Dia mengatakan bantuan itu merupakan bantuan tahap awal. Jika memang masih dibutuhkan, para sukarelawan RAPI Boyolali dan MMR akan mengupayakan lagi untuk pengiriman bantuan tahap selanjutnya. “Kami lihat perkembangan situasi di sana. Kalau masih dibutuhkan kami siap mengirim bantuan lagi,” jelas dia.

Baca Juga: Hotel Bintang Berdiri di Boyolali Kota, Langsung Jadi Gedung Tertinggi

Ketua Umum MMR, Harnowo, mengatakan pengiriman bantuan disesuaikan dengan kebutuhan warga terdampak. “Kami salurkan sayur-sayuran. Kebetulan anggota kami berada di lereng Merbabu dan Merapi [banyak petani sayur]. Barang lainnya adalah air mineral, kebutuhan bahan pokok, pakaian pantas pakai dan sebagainya,” kata dia.

Dia berharap dengan sedikit bantuan tersebut bisa meringankan beban warga terdampak bencana. Dia juga berharap kegiatan penyaluran bantuan itu bisa membangkitkan semangat para sukarelawan MMR dan RAPI untuk meningkatkan kepedulian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya