Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah.
Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi sedih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Hati siapa yang tak sedih dan hancur jika sudah siap menikah tetapi ternyata pasangan positif HIV? Haruskah rencana bahagia ini digagalkan padahal Anda berdua saling cinta dan cocok satu sama lain?

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah. Jika bisa menerima kekurangan pasangan, ada sejumlah cara untuk meminimalkan penularan virus ini.

Nah mumpung belum jauh-jauh dari peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember, yuk ketahui sejumlah cara bagi Anda yang siap menikah dengan pasangan yang positif HIV. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Kamis (2/12/2021):

1. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual

Pertama-tama Anda harus menyadari bahwa risiko penularan HIV dengan menikahi pasangan yang positif HIV sangatlah besar. Namun jangan khawatir, jika Anda melakukan seks aman, Anda akan terhindar dari virus ini. Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks adalah salah satu syarat utama yang wajib dipenuhi.

Baca Juga: Mimpi Ditangkap Polisi, Apakah Pertanda Bakal Dapat Masalah?

Ketika digunakan dengan benar, kondom dapat mengurangi risiko penularan HIV secara efektif. Pada wanita, kondom mencegah penularan sebesar 73 persen sementara untuk pria mengurangi penularan sebesar 63 persen.

2. Menggunakan pelumas saat berhubungan seksual

Kondom saja tidak cukup untuk melindungi Anda dari risiko tertularnya HIV. Pasalnya, kondom bisa saja robek saat digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelumas untuk mengurangi tekanan gesekan pada kondom.

Gunakanlah pelumas berbahan dasar air karena tidak mengikis lateks pada kondom. Dengan begitu, kondom tetap aman digunakan dan terhindar dari kerusakan.

Baca Juga: Viral Ketahuan Selingkuh Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Ini Cara Ceknya

3. Rutin menjalani pengobatan

Jangan putus harapan, meski HIV termasuk penyakit yang tidak bisa disembuhkan tetapi pengobatan membantu mengelola kondisi Anda.  Ajak pasangan untuk rutin melakukan pengobatan mulai dari sekarang.

Baca Juga: Berikut Ini Sejumlah Sifat Orang Kelahiran Desember

Terapi antiretroviral (ART) mampu membuat virus HIV di dalam darah dan cairan tubuh menjadi lebih rendah. Dikutip dari Everyday Health, Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa orang yang mempertahankan tingkat HIV-nya tetap rendah hampir tidak memiliki peluang untuk menginfeksi pasangannya.

Untuk memiminimalkan risiko terinfeksi, sebagai calon pasangan Anda juga bisa mengonsumsi obat yang disebut dengan PrEP (Pre-Exposure Prophylaxis). Obat ini adalah obat pencegah penularan infeksi bagi orang-orang yang berisiko tinggi tertular HIV. Selain itu, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi obat ini 72 jam sebelum melakukan hubungan seksual.  Selain itu, lakukan kunjungan rutin ke dokter setiap tiga bulan sekali untuk mengecek kondisi Anda dan juga pasangan.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago