SOLOPOS.COM - PT KCI selama tiga hari mulai 24-26 Juni 2022 melakukan uji coba jalur Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Solo Balapan, Solo hingga Stasiun Palur, Karanganyar. Foto diambil Jumat (24/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — PT KAI Commuter selaku pengelola perjalanan kereta rel listrik atau KRL hingga kini belum mengumumkan kepastian tanggal operasional rute KRL Solo Balapan-Palur.

Berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, KRL rute perpanjangan dari Solo-Jogja itu ditargetkan beroperasi pada pertengahan Juli 2022. Namun demikian, hingga Jumat (22/7/2022) belum ada kejelasan kapan KRL sampai Palur akan mulai beroperasi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan unggahan di akun Instagram @ditjenperkeretaapian Kementerian Perhubungan, Jumat (22/7/2022), progres perpanjangan elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur mencapai 87,81% alias hampir rampung.

Pekerjaan untuk persiapan operasional KRL Solo Balapan-Palur ini meliputi pengadaan material/peralatan, instalasi, pembangunan gardu Solojebres, SCADA system, komunikasi dan monitoring modifikasi sistem persinyalan Stasiun Palur dan Stasiun Solojebres.

Ekspedisi Mudik 2024

Selanjutnya, penataan track layout mencapai 87,93%, meliputi pekerjaan peralatan vital/nonvital interlocking, pekerjaan jalan KA, drainase dan penahan tanah, pekerjaan retaining wall, box culvert dan peron, peninggian overpass DI Panjaitan, modifikasi BH 317, pembangunan overcapping stasiun.

Baca Juga: Segera Beroperasi, Segini Potensi Jumlah Penumpang KRL Solo – Palur

Kemudian pembangunan depo KRL mencapai 78,59%, antara lain pembangunan bangunan depo, pekerjaan bangunan kantor, pekerjaan bangunan gardu listrik, pengadaan peralatan depo pekerjaan jalan KA, pekerjaan ground water tank dan drainase.

Uji Coba

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) memastikan prasarana berupa jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) dan gardu traksi Solo Balapan-Palur terintegrasi baik dengan sarana KRL.

Uji coba KRL khususnya tes commisioning sinkronisasi sarana dan prasarana Stasiun Solo Balapan-Palur kali pertama dilakukan pada Selasa (5/4/2022). Kepala BTP Jabagteng, Putu Sumarjaya, menjelaskan testing and commissioning (testcomm) prasarana dan sarana KRL lintas Solo-Palur selama dua hari berjalan lancar.

Baca Juga: KRL Rute Solo Balapan-Palur Diuji Coba, Segini Waktu Tempuhnya

“Dengan testcomm ini kami memastikan sistem prasarananya bisa terintegrasi baik dengan sarana KRL-nya. Keseluruhan prasarana dan sarana KRL ini harus kami pastikan laik operasi, rencananya testcomm juga akan dilanjutkan pekan depan,” kata dia melalui keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Selanjutnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga menjajal KRL Solo Balapan-Palur pada Kamis (26/5/2022). Rute KRL sepanjang 6,8 kilometer ditempuh mulai pukul 13.49 WIB dan tiba di Stasiun Palur kira-kira 10 menit.

Terakhir, uji coba berlangsung selama sepekan pada 20-26 Juni 2022. Uji coba ini melibatkan berbagai pihak terkait termasuk awak media dan penumpang umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya