SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan spesimen virus corona. (Reuters/Edgar Su)

Solopos.com, WONOGIRI -- Hasil tes swab puluhan pengelola dan petugas pasar tradisional di Wonogiri telah keluar. Semua dinyatakan negatif Covid-19.

Sebanyak 95 pengelola pasar yang dinyatakan negatif Covid-19 itu menjalani tes swab pada Kamis (8/10/2020) lalu. Peserta merupakan pengelola dan petugas pasar yang tersebar di 22 kecamatan di Wonogiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Konfirmasi terkait hasil tes swab pengelola pasar tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Wahyu Widayati, kepada wartawan, Selasa (13/10/2020).

Kuras Tabungan Pensiunan ASN di Wedi Klaten, Penipu Asal Sulawesi Ditangkap di Pati

Wahyu mendapatkan informasi hasil tes swab tersebut dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Adhi Dharma. Karena dalam pelaksanaan tes tersebut Dinas KUKM dan Perindag bekerjasama dengan DKK.

"Kami bersyukur pengelola dan petugas kami di pasar dinyatakan negatif setelah menjalani tes swab. Sehingga mereka bisa bekerja dengan aman dan nyaman," kata dia.

Wahyu menegaskan, meski seluruh petugas yang diswab dinyatakan negatif Covid-19, mereka tetap wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat bertugas di pasar. Hal itu harus dilakukan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19.

"Saat diswab para petugas yang diswab kondisinya semua sehat semua. Kami berharap tidak ada yang positif, alhamdulillah hasilnya sudah keluar dan dinyatakan negatif. Yang kami khawatirkan itu kategori orang tanpa gejala," kata Wahyu.

Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri Adhi Dharma mengimbau agar para petugas tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Asupan gizi dan makanan harus dijaga dalam rangka untuk meningkatkan imunitas.

"Kami berharap para petugas pasar juga rutin mengingatkan pedagang dan pengunjung pasar agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Agar tidak ada klaster pasar. Kami tidak mau ada penularan covid-19 di pasar," kata Adhi.

Diberitakan sebelumnya, langkah uji swab bagi para petugas pasar sebagai bentuk antisipasi. Mereka dinilai rentan tertular Covid-19. Karena mereka melakukan pelayanan publik. Tidak bisa dipastikan apakah asal para pengunjung pasar.

Ssst! Natalie Portman Kasih Bocoran Soal Film Thor: Love and Thunder

Selain itu juga tidak bisa diketahui apakah pengunjung juga pernah berkontak dengan pasien terkonfirmasi covid-19. Pelaksanaan uji usap tidak dilakukan di setiap pasar. Namun digabung di lokasi pasar terdekat dan dilakukan oleh petugas Puskesmas setempat.

Ada enam lokasi pasar yang digunakan sebagai lokasi swab para petugas pasar, diantaranya di Pasar Nguntoronadi, Pasar Jatisrono, Pasar Baturetno, Pasar Purwantoro, Pasar Eromoko dan Pasar Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya