SOLOPOS.COM - Proses pencarian atau pengerukan luweng yang hilang di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri belum lama ini. (Istimewa/Pemdes Joho)

Solopos.com, WONOGIRI - Mulut luweng di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri akhirnya bisa ditemukan pada Senin (15/2/2021) sore WIB. Mulut luweng itu ternyata berada di pekarangan belakang rumah warga.

Hal itu diungkapkan oleh Camat Pracimantoro, Warsito, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (16/2/2021). Luweng di Joho Kidul itu ditemukan setelah melakukan pengerukan sedalam 6,5 meter dan lebar 1,5 meter menggunakan alat berat. Lokasi penemuan itu berada di pekarangan belakang rumah warga setempat yang bernama Pak Dalang Patek.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: Rekomendasi Kuliner di Tawangmangu Hingga Luweng Wonogiri

Warsito mengatakan pihaknya pun sudah melakukan uji coba terhadap luweng itu. "Tadi malam langsung dicoba diguyur air dan airnya langsung bisa masuk ke dalam luweng dengan lancar," katanya.

Dia menerangkan saat ini warga gembira dengan ditemukannya luweng tersebut. Dengan ditemukannya luweng itu, rencana untuk membuat saluran atau pembuangan air hujan batal dilaksanakan.

"Cukup satu ini, tidak akan cari luweng lain di Joho Kidul. Ini warga bahagia dan tidak bingung lagi. Ada kepuasan sendiri. Kalau tidak ditemukan susah. Kalaupun dibuat saluran air hujan jarak pembuangannya juga jauh," kata dia.

Baca Juga: Polisi Wonogiri Kini Tak Hanya Lacak Pencuri, Tapi Juga Warga Kontak Erat Pasien Covid-19

Pencarian mulut luweng untuk mencegah terjadinya banjir di Pracimantoro mempunyai cerita tersendiri. Sebelum di Joho Kidul, Wonogiri, dilakukan pencarian luweng di Dusun Dompol, Desa Petirsari. Namun, di dusun itu mulut luweng juga tidak ditemukan. Akhirnya, dibuatlah saluran atau pembuangan air untuk mencegah terjadinya banjir.

Selain itu, dalam proses pencariannya warga juga melibatkan orang pintar dan para sesepuh di desa itu agar luweng bisa cepat ditemukan. Meski pencarian dilakukan berhari-hari dan kedalaman pengerukan sudah beberapa meter, warga tidak menyerah mencarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya