Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.
Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY
SOLOPOS.COM - Siswi Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 1 Solo Nadia Shafiana Rahma menerima Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak Tahun 2021 dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Siswi Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 1 Solo Nadia Shafiana Rahma menerima Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak Tahun 2021 dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Penganugerahan diberikan langsung Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Pracimasana Kepatihan, kompleks Kantor Gubernur DIY, Rabu (16/9/2021) lalu.

Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak adalah penghargaan, dukungan, kontribusi, dan apresiasi pemerintah kepada para pelaku seni dan budaya anak. Penerima penghargaan ini harus terverifikasi benar-benar memiliki ketekunan bidang seni-budaya secara terus-menerus sejak dini hingga sekarang dan berusia 7-18 tahun.

Baca Juga: Terbaik Se-Indonesia, SMKN Jateng di Semarang Gratis Sampai Lulus

Skala apresiasi ini juga cukup luas. Bukan hanya untuk anak DIY, tetapi juga bisa seluruh anak Indonesia. Bahkan warga negara asing yang dinilai berjasa atau berprestasi luar biasa juga dalam pemeliharaan dan pengembangan kebudayaan.

Nadia mengatakan tahapan untuk mendapatkan penghargaan ini dilakukan sejak awal 2021. Tahapan tersebut dimulai dari penjaringan para calon yang diusulkan Pemda DIY, Pemda kabupaten/kota se-DIY, perguruan tinggi terakreditasi A, organisasi kemasyarakatan, komunitas-lembaga budaya nonpemerintah, akademisi, dan individu yang kompeten. Tim juri kemudian melakukan seleksi berkas, wawancara, sampai penetapan penerima penghargaan.

“Setelah berkas dinilai oleh dewan juri, saya mengikuti serangkaian proses seleksi termasuk wawancara. Ada juga kunjungan ke rumah oleh tim penyelenggara. Alhamdulillah, bisa sampai pada penyerahan penghargaan hari ini,” ujar Nadia.

Baca Juga: Cara Pengajuan Bantuan untuk Musala dan Masjid dari Kemenag, Tanpa Proposal Njlimet

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo. Dia telah menulis 37 novel, kumpulan cerpen, komik, dan esai yang diterbitkan oleh beberapa kementerian dan penerbit besar seperti KKPK Dar Mizan Bandung dan Indiva Solo. Karya Nadia juga banyak dimuat media cetak nasional dan lokal, seperti Kompas, Bobo, Media Indonesia, Harian Jogja, dan Kedaulatan Rakyat.

Buku dan karyanya telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing (Inggris dan Jerman) dan dipamerkan di berbagai negara, seperti Malaysia, Inggris, Italia, Cina, Mesir, Turki, dan Jerman.

Nadia aktif dalam berbagai forum pelatihan, seminar, dan pertemuan penulis tingkat lokal, nasional, dan internasional, sebagai pembicara, trainer, maupun peserta.

Baca Juga: Pendaftaran Siswa Baru MAN-PK: Beasiswa Penuh hingga Lulus, Termasuk MAN 1 Solo

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago