top ear
Ilustrasi kampanye pilkada. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kampanye pilkada. (Freepik)

Sudah Berjalan 4 Hari, Kampanye di Pilkada Klaten Masih Sepi

Kampanye para pasangan calon bupati-wakil bupati di Pilkada Klaten masih sepi meski sudah dimulai sejak empat hari yang lalu.
Diterbitkan Selasa, 29/09/2020 - 18:28 WIB
oleh Solopos.com/Ponco Suseno
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN — Kampanye para pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati di Pilkada Klaten 2020 di Klaten dinilai masih sepi. Masa kampanye sudah memasuki hari keempat.

Tiga pasangan calon (paslon) di Pilkada 2020 belum mengoptimalkan jadwal masa kampanye dengan belum adanya yang mengurus surat tanda terima pemberitahuan (STTP) di Polres Klaten.

Kasatintel Polres Klaten, AKP Panaji Suryo Saputra, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan hingga hari keempat masa kampanye, belum ada satu pun paslon yang mengajukan permohonan STTP.

Pulang Latihan, 2 Anggota PSHT Dikeroyok di Sragen & 1 Ponsel Dirampas

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten telah menetapkan tiga paslon di Pilkada 2020. Masing-masing paslon, yakni paslon nomor urut 1 Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo), paslon nomor urut 2 One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI), paslon nomor urut 3 Arif Budiyono Harjanta (HJT-HJT).

"Hingga hari ini belum ada [yang mengurus STTP]. Sesuai peraturan, STTP itu harus diurus H-7 kegiatan. Setiap kegiatan yang mengundang minimal 50 orang, harus mengantongi itu," kata AKP Panaji Suryo Saputra, kepada Solopos.com, Selasa (29/9/2020).

AKP Panaji Surya Saputra berharap seluruh paslon yang bertarung di Pilkada 2020 di Klaten mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan selama kampanye.

Jadwal

Sejauh ini, KPU Klaten sudah menyusun jadwal dengan mempersilakan setiap paslon menggelar kampanye setiap hari. Masa kampanye berlangsung 26 September 2020-5 Desember 2020.

"Di KPU pun juga sudah ditetapkan tempanya," katanya.

Inilah Gua Petilasan Pangeran Mangkubumi di Sragen, Bisa Muat Warga Satu Kampung!

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, mengatakan penyelenggara Pilkada 2020 sudah menentukan jadwal kampanye. Hal itu tertuang dalam surat keputusan bernomor 294/Pl-02.4-Kpt/3310/KPU-Kab/2020 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Surat keputusan itu diteken sejak 24 September 2020.
"Salah satu ketentuannya, satu daerah/kecamatan hanya boleh dipakai satu paslon di hari yang sama," katanya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrahman mengatakan setiap paslon yang akan menggelar kampanye harus mengantongi STTP. Pengurusan STTP dapat langsung dikoordinasikan dengan Polres Klaten.

"Kami akan memperoleh tembusan terkait STTP itu," kata Arif Fatkhurrahman.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini