SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA-Sang Juara Dunia, Spanyol memiliki catatan baik saat berhadapan dengan Uruguay. La Roja menang 3 kali dari total pertemuan dengan Juara Benua 2011 lalu. Sisanya, keduanya bermain imbang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kini pertemuan ke sembilan keduanya digelar di Qatar, Doha, Rabu (6/2/2013)

Berikut data dan fakta pertandingan seperti yang dicatat infostradalive.com

-Spanyol dan Uruguay telah bertemu delapan kali (1950 Piala Dunia, Piala Dunia 1990 dan enam pertandingan persahabatan), La Roja tak terkalahkan dalam dengan tiga kemenangan dan lima hasil imbang. Semua kemenangan Spanyol datang dalam pertandingan persahabatan dalam perbatasan mereka (Madrid, Oviedo dan Gijón).

-Pertandingan pertama antara Spanyol dan Uruguay berlangsung pada tanggal 7 September 1950, di Sao Paulo. Pertandingan berakhir imbang, 2-2, dengan gol dari Ghiggia, Valera dan Basora (2). Tujuh hari kemudian datang Maracanazo legendaris dan Spanyol tetap satu-satunya tim yang tidak kalah dengan Uruguay di Piala Dunia 1950.

-Spanyol belum pernah kalah dalam pertandingan melawan tim Amerika Selatan selain Brasil atau Argentina. Dalam pertandingan melawan Bolivia 32 (1), Chile (9), Colombia (2), Ekuador (1), Paraguay (4), Peru (3), Uruguay (8) dan Venezuela (4), Spanyol memiliki 23 kemenangan dan 9 menarik, mencetak 67 gol dan kebobolan 20 gol.

-Spanyol akan bermain melawan juara benua (Uruguay memenangkan 2011 Copa América) untuk kali ke-32 dalam sejarah. Pada 31 mereka sebelumnya sampai saat ini, La Roja mencatatkan 17 kali menang, enam kali imbang dan delapan kekalahan. Bahkan, Saat bertemu dengan Amerika Serikat pada tahun 2009 dan Meksiko tahun 2010, Spanyol gagal menang.

-Uruguay telah menghadapi juara dunia 17 kali, dengan total empat kemenangan, lima imbang dan delapan kali kalah. Uruguay belum menggulingkan juara bertahan dunia selama hampir seperempat abad (Uruguay 2-0 Argentina, 14 Juli 1989).

-Spanyol akan bermain di Asia untuk keenam kalinya, setelah lima pertandingan di Piala Dunia di Korea dan Jepang, di mana Spanyol tidak terkalahkan (tiga kali menang dan dua kali seri). Ini adalah kesempatan pertama di mana juara dunia akan bermain di Doha, Qatar.

-Setelah eliminasi Pantai Gading di tangan Nigeria di perempatfinal Piala Afrika, Spanyol saat ini memiliki catatan beruntun terpanjang tak terkalahkan di dunia (17 dari kekalahan di Wembley). Di belakang Spanyol terdapat Korea Utara, pada 13 pertandingan berturut-turut tak terkalahkan.

-Iker Casillas selalu memperkuat Spanyol sejak 22 Agustus 2007, saat Spanyol mengalahkan Yunani 3-2 di Thessaloniki. Kapten La Roja ini tercatat memiliki 83 penampilan.

– Carles Puyol akan menjadi kapten tim Spanyol untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun (12 Agustus 2009).

– Carles Puyol akan menjadi pemain ketujuh dan Spanyol pertama bek, mencapai 100 caps, setelah Andoni Zubizarreta, Raúl, Iker Casillas, Xavi, Xabi Alonso dan Fernando Torres.

-Spanyol akan memainkan sembilan pemain Barcelona untuk pertama kalinya dalam sejarah. Spanyol hanya bermain dengan delapan pemain dari tim yang sama pada dua kesempatan yakni pada tanggal 14 Oktober 1959 (delapan pemain Barcelona) dan 12 Oktober 1961 (delapan pemain Real Madrid).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya