Sudah 51.715 Nakes Jateng Terima Vaksin Booster, Masih 68% yang Belum

Baru sekitar 31,36% nakes di Jateng yang sudah terima vaksin booster atau dosis ketiga Moderna.
SHARE
Sudah 51.715 Nakes Jateng Terima Vaksin Booster, Masih 68% yang Belum
SOLOPOS.COM - Seorang tenaga kesehatan (nakes) disuntik vaksin dosis ketiga atau booster di Puskesmas Sukoharjo, Sabtu (14/7/2021). (Istimewa-Faisal)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 51.715 tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Tengah (Jateng) telah menerima vaksin dosis ketiga atau booster. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Prasetyo Aribowo, saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantor Pemprov Jateng, Senin (23/8/2021).

Menurut Prasetyo, total ada sekitar 164.917 nakes di Jateng. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 31,36% atau 51.715 nakes sudah mendapat vaksin booster jenis Moderna.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Vaksinasi nakes dosis ketiga di Jateng sudah mencapai 31,36%. Percepatan terus kami lakukan agar nakes semakin terlindungi,” ujar Prasetyo.

Vaksin booster atau dosis ketiga untuk saat ini hanya diberikan kepada nakes. Hal ini dikarenakan nakes dianggap kelompok paling rawan terpapar Covid-19 karena melakukan kontak langsung dengan pasien.

Baca Juga: Sejumlah Daerah Mulai Gelar PTM, Ini Respons Gubernur Ganjar

Sementara untuk vaksinasi di Jateng, Prasetyo menyebut hingga kini sudah ada sekitar 6,4 juta masyarakat yang mendapat vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua sudah diterima sekitar 3,1 juta masyarakat.

Ekspedisi Energi 2022

“Secara persentasi, vaksinasi di Jateng sudah mencapai 22,33% untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua mencapai 13,28%,” tuturnya.

Untuk vaksin dosis pertama, pencapaian tertinggi diraih Kota Salatiga dengan capaian 90,12% dari total sasaran. Sedangkan di urutan kedua ditempati Kota Magelang dengan capaian 84,42% dan Kota Solo dengan capaian 78,98%.

“Sementara daerah yang masih rendah capaian vaksinasinya adalah Brebes 12,58%, Kabupaten Magelang 12,89%, dan Tegal 13,45%,” ungkap Prasetyo.

Baca Juga: Selesai Dibahas Banggar, DPRD Setujui Perubahan APBD Grobogan 2021

Stok Vaksin Melimpah

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta semua daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi. Hal itu dikarenakan stok vaksin di Jateng saat ini mulai melimpah.

“Selain itu, kerja sama juga dengan TNI/Polri agar vaksinasi bisa lebih cepat. Saya ingatkan untuk vaksinasi diprioritaskan pada lansia, kelompok rentan dan mereka yang memiliki komorbid,” katanya.

Selain itu, Ganjar juga meminta vaksinasi bisa menyasar pada daerah-daerah terpencil sehingga penduduk yang tinggal di daerah pinggiran tidak kesulitan untuk mendapatkan vaksin.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago