SOLOPOS.COM - Kondisi Jembatan Ganefo yang menghubungkan wilayah Kecamatan Ngrampal dan Tangen, Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Sukarelawan Ganefo)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU MBCK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menghentikan kontrak proyek Pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Padahal pekerjaan fisiknya sudah berjalan 40% atau senilai Rp7,2 miliar dari total nilai kontrak Rp18 miliar.

Kepala DPU MBCK  Jateng, A.R. Hanung Triyono, mengungkapkan penghentiaan kotrak itu dilakukan karena harus ada pengecekan dan revisi desain bangunan bawah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Revisi bangunan bawah itu dilakukan mengingat proses pembangunan jembatan itu sudah berjalan selama tiga tahun sehingga sudah cukup lama. Atas dasar itu perlu dilakukan review. Mudah-mudahan di 2023 bisa selesai,” jelas dia saat ditemui wartawan di Balai Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Jumat (2/12/2022),

Ia mengatakan tidak akan mengubah desain jembatan penghubung wilayah Kecamatan Ngrampal dengan Kecamatan Tangen itu, melainkan disempurnakan. Dari hasil pengecekan bagian bawah jembatan, ternyata ada sejumlah bagian yang harus diperkuat.

Baca Juga: DPRD Jateng: Proyek Jembatan Ganefo Sragen Harus Selesai Tahun Ini

Hanung mengatakan bila dipaksakan selesai tahun ini waktunya tidak akan mencukupi. Ditambah lagi musim penghujan yang membuat pekerjaan lebih lama. Dia menyatakan jalan satu-satunya adalah dengan menghentikan kontraknya.

Dia menyebut pagu anggaran pembangunan jembatan Ganefo di 2022 nilainya Rp18 miliar dan sudah terpakai sebagian. Pada 2023 akan dialokasikan anggaran Rp12 miliar.

“Jembatan itu merupakan tipe I. Panjangnya 120 meter dan lebarnya 171 cm. Proses pembangunan jembatan itu lama karena ada pandemi Covid-19. Mudah-mudahan selesai tahun depan. Kami membangun itu harus benar. Ketika dihentikan kontraknya, rekanan tidak masalah,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya