Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Sudah 1.164 Layar Bioskop Dibuka, Harapan Bagi Industri Film Tanah Air

Sudah 1.164 Layar Bioskop Dibuka, Harapan Bagi Industri Film Tanah Air
author
Rohmah Ermawati Senin, 4 Oktober 2021 - 07:52 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bangku penonton bioskop terlihat diberi tanda silang untuk menjaga jarak antar penonton di Studio Bioskop Grand XXI, Solo Grand Mall (SGM), Solo, Kamis (16/9/2021). Pengunjung bioskop masih minim karena terkendala syarat masuk. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah 1.164 layar bioskop telah dibuka dalam uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah di Tanah Air yang telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan 3.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap uji coba pembukaan bioskop dapat menggeliatkan kembali roda perekonomian pelaku industri film Tanah Air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hari ini kita melihat sendiri bagaimana bioskop sudah mulai diujicobakan dengan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi. Kita meyakini jika menerapkan protokol kesehatan tentunya bioskop ini semakin banyak yang dibuka,” kata Sandiaga saat meninjau salah satu bioskop yaitu XXI PGC, Cililitan, Jakarta Timur, Minggu (3/9/2021).

“Untuk saat ini sudah ada 1.164 layar yang mulai dibuka dan uji coba ini akan kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” tambah dia.

Baca juga: 6 Fakta Unik Keindahan Mandalika, Wisata Alam hingga Sport Tourism

Sandiaga menjelaskan pelaku industri ekonomi kreatif khususnya perfilman mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi Covid-19.

Padahal, lanjut dia,  selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara. Tercatat, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp15 triliun pada 2019.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resminya, Senin (4/10/2021).

Vaksinasi Dosis Lengkap

Sebagai informasi, untuk mengunjungi bioskop, protokol kesehatan yang diterapkan cukup ketat mulai dari scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi, menggunakan hand sanitizer, dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk bioskop. Bagi pengunjung dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius tidak diperkenankan masuk.

Baca juga: Marc Marquez Pemenang MotoGP AS 2021

Pengunjung diwajibkan selalu memakai masker. Para staf juga telah menerima vaksinasi dosis lengkap dan sudah menggunakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan, masker, serta faceshield.

Selain itu, pengunjung yang diperkenankan masuk ke dalam bioskop adalah pengunjung yang sudah mendapatkan dua kali dosis vaksin dan yang berusia 12 – 60 tahun.

Terkait ketentuan kapasitas bioskop hanya 50 persen, dan pengunjung tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama berada di area bioskop. Pengunjung juga dianjurkan membeli tiket terlebih dahulu secara online, untuk meminimalisasi sentuhan.

Baca juga: Pemerintah Didesak Lobi Arab Saudi Terkait Umrah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN