[ X ] CLOSE

Subsidi Gaji Termin II Ditransfer Pekan Ini, Jangan Lupa Cek Rekening!

Subsidi Gaji Termin II Ditransfer Pekan Ini, Jangan Lupa Cek Rekening!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Bantuan subsidi gaji atau upah untuk para pekerja akan kembali ditransfer pekan ini langsung untuk 2 bulan, yakni Rp 1,2 juta yang merupakan bantuan termin atau gelombang 2.

Direktur Kelembagaan Kerja sama Hubungan Industrial (KKHI) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Aswansyah, mengatakan Kemnaker memang belum memastikan tanggalnya, tapi yang jelas subsidi gaji ditransfer pekan ini.

"Ya minggu ini memang sudah tapi tanggalnya kami belum ada arahan dari pimpinan," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (2/11/2020).

491 Peserta Lolos Seleksi CPNS Ponorogo, Ini Tahapan Selanjutnya

Dia mengatakan tanggal penyaluran subsidi gaji belum dipastikan karena masih menunggu klarifikasi dari Ditjen Pajak.

Jadi, saat ini Kemnaker meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan data-data peserta ke Ditjen Pajak untuk diklarifikasi dan validasi. Itu dilakukan agar bantuan subsidi gaji benar-benar tepat sasaran.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pada kesempatan sebelumnya menyebutkan bantuan subsidi upah (BSU) termin 2 mulai ditransfer pekan pertama bulan ini.

"Terkait dengan pembayaran termin kedua, kami rencanakan mulai ditransfer awal minggu pertama bulan November," kata dia melalui pesan singkat, Selasa (20/10/2020).

10 Berita Terpopuler : Dokter di Sukoharjo, Suami, dan Anaknya Positif Covid-19

Lebih lanjut, Aswansyah mengatakan subsidi gaji pada gelombang 2 tetap ditransfer bertahap karena mempertimbangkan keandalan sistem.

"Ya kalau itu kita tetap bertahap, karena kenapa? Kan IT itu ada sesuatu kebatasan. Kalau misalnya kita sekaligus 12,4 juta kita salurkan itu nanti human error itu tingkat kesalahannya tinggi," kata dia.

Data yang Sudah Siap

Atas dasar itu, ungkap dia, penyaluran subsidi gaji gelombang ke-2 juga dilaksanakan bertahap seperti yang dilakukan pada gelombang pertama.

Debat Publik I Cabup-Cawabup Klaten akan Disiarkan Langsung di TV dan Radio

Namun pada tahap 1 gelombang 2, dia belum bisa memastikan berapa banyak peserta yang akan ditransfer subsidi gaji. Pada intinya, pihaknya akan memprioritaskan data yang sudah siap karena penyaluran subsidi gaji termin 1 pun belum rampung 100%.

"Kalau misalnya klarifikasinya sudah, kita (transfer) yang itu saja dulu, yang datanya sudah valid itu yang kita prioritaskan dulu," sebutnya.

Aswansyah menambahkan penyaluran subsidi gaji termin 1 belum selesai 100% karena masih ada rekening-rekening yang dicek ulang atau dilakukan perbaikan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago