SOLOPOS.COM - Pemain Indonesia merayakan gol saat mencukur Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB. (PSSI)

Solopos.com, JAKARTA–Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada pelatih Shin Tae-yong (STY), semua pemain, suporter, dan semua stakeholder sepak bola nasional setelah Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Skuat Garuda memastikan lolos setelah pada laga terakhir Grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad International Kuwait dini hari tadi menang telak 7-0 atas Nepal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hasil itu memastikan Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 lantaran menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup di putaran ketiga kualifikasi. Indonesia tertolong oleh hasil laga Palestina yang berhasil menumbangkan Filipina dengan skor 4-0 pada laga terakhir Grup B, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 24 Peserta Putaran Final Piala Asia 2023

“Alhamdulillah kita lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia, dan dukungan Exco PSSI,” ujar Mochamad Iriawan seperti dilansir dari website PSSI.

“Lolosnya Indonesia bukan karena jasa perorangan, tetapi karena kerja bersama-sama secara kolektif kolegial. Sekali lagi terima kasih semuanya,” imbuh Iriawan.

Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 merupakan pencapaian lima kali di Piala Asia. Sebelumnya skuat Garuda  tampil pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Baca Juga: Bantai Nepal 7-0, Indonesia Akhiri Penantian 15 Tahun ke Piala Asia

Dikutip dari Antara, tujuh gol Indonesia pada laga dini hari tadi dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mempertahankan strategi bermain dengan tiga bek tengah yaitu Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto, sama seperti saat melawan Kuwait dan Yordania. STY menerapkan formasi 5-2-3 saat bertahan dan 3-4-3 kala menyerang.

Seperti diketahui, sebelum memastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 Indonesia mengawali kualifikasi dengan mengalahkan Kuwait 2-1 pada 8 Juni. Namun skuat Garuda takluk 0-1 dari Yordania pada 12 Juni lalu.

Baca Juga: Klasemen Akhir Tim Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Putaran final Piala Asia 2023 belum ditentukan tempatnya setelah China mengundurkan diri sebagai tuan rumah. Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) secara resmi menginformasikan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak dapat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena pandemi Covid-19 yang saat ini melanda negara itu.

AFC belum memutuskan tuan rumah baru untuk putaran final Piala Asia 2023 meski 24 negara yang lolos sudah diketahui. Mereka menyatakan akan memberi tahu negara yang dipilih menggantikan China saat waktunya tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya