SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan daging. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine menyebutkan pola makan yang rendah daging atau diet yang sama sekali bebas daging dapat menurunkan risiko kanker. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Oxford.

Pada penelitian pola makan untuk turunkan risiko terkena kanker ini para peneliti melihat data yang dikumpulkan dari 2006 hingga 2010 oleh Biobank Inggris. Informasi tersebut berasal lebih dari 472.000 orang dewasa yang berusia antara 40 dan 70 tahun pada saat itu.Simak ulasan selengkapnya di info sehat kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari hasil penelitian diperoleh hasil pola makan rendah daging lima kali atau kurang dalam sepekan bisa turunkan risiko kanker. Penelitian ini dilakukan dengan mencatat berapa banyak peserta yang makan daging dan ikan lalu  membandingkannya dengan kasus kanker sambil juga mempertimbangkan berbagai faktor kesehatan dan gaya hidup lainnya. Mereka menemukan bahwa makan daging lima kali seminggu atau lebih jarang menghasilkan risiko kanker yang lebih rendah.

Baca Juga: Hari Kanker Anak Sedunia, Ini Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Si Kecil

“Risiko kanker secara keseluruhan adalah 2% lebih rendah di antara mereka yang makan daging lima kali atau kurang per minggu, 10% lebih rendah di antara mereka yang makan ikan tetapi bukan daging, dan 14% lebih rendah di antara vegetarian dan vegan, dibandingkan dengan mereka yang makan daging. lebih dari lima kali sepekan,” tulis pernyataan mereka dilansir dari Eat This dan Bisnis.com pada Senin (7/3/2022).

“Ada bukti substansial yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun yang mendukung bahwa diet rendah daging atau tanpa daging mengurangi risiko keseluruhan tidak hanya kanker tetapi juga penyakit jantung, diabetes, dan penyakit penyerta lainnya,” kata pemilik Plantable Nutrition & Wellness Marissa Perrotta RDN.

Baca Juga: 5 Jenis Kanker Ini Terbanyak Diidap Masyarakat di Dunia

Dia memaparkan, daging mengandung karsinogen tertentu yang dapat meningkatkan risiko kanker. Secara umum, daging dan produk hewani lebih tinggi lemak jenuh dan kolesterolnya, jadi “saat daging menjadi fokus utama diet, risiko penyakit jantung dan risiko terkait kesehatan lainnya meningkat.

Sementara diet tinggi daging dan produk hewani bukanlah penyebab kanker. Namun pola makan ini dapat meningkatkan risiko jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker dan penyakit penyerta yang mendasarinya. Jika Anda mengurangi jumlah daging dalam makanan Anda, kemungkinan besar Anda juga akan mengonsumsi lebih banyak makanan nabati. “Diet yang kaya tumbuhan [sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan] dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit penyerta yang lebih rendah karena tanaman mengandung berbagai antioksidan dan fitokimia yang membantu melindungi Anda dari radikal bebas [agen yang meningkatkan risiko kanker],” kata Perrotta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya