top ear
Ilustrasi orang stres. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi orang stres. (Freepik)

Stres Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?

Tahukah Anda jika stres ternyata baik untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.
Diterbitkan Rabu, 29/01/2020 - 18:00 WIB
oleh Solopos.com/Chelin Indra Sushmita
1 menit baca

Solopos.com, SOLO – Stres ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Stres terjadi saat alarm tubuh menyala lantaran merasa dalam keadaan tertekan.

Ketika sedang stres, seseorang biasanya butuh energi ekstra untuk tenang menghadapi kenyataan. Pada kondisi ini, otak memerintahkan kelenjar adrenalin yang terletak di atas ginjal melepaskan hormon adrenalin dan kortisol untuk meredakan stres.

Dikutip dari Boldsky, Rabu (29/1/2020), peningkatan adrenalin berpengaruh pada detak jantung, tekanan darah, dan energi. Sementara hormon kortisol bakal meningkatkan kadar gula dalam darah.

Hal tersebut merupakan respons alami dari tubuh untuk membantu mengatasi stres. Jadi, sebenarnya stres memberikan pelajaran bagi tubuh untuk menghadapi situasi penuh tekanan. Hal ini jelas sangat baik efeknya bagi tubuh.

Pada dasarnya, tubuh manusia dirancang siap menghadapi segala situasi, termasuk stres baik positif maupun negatif. Stres membantu meningkatkan kewaspadaan.

Meski begitu, stres akut menyebabkan efek negatif bagi tubuh. Jadi, pastikan Anda tidak terlalu tertekan saat dilanda stres.

Jika sedang stres, ada baiknya Anda beristirahat sejenak. Lupakan segala masalah yang menjadi beban.

Stres akan hilang jika Anda menghadapinya dengan santai. Itulah sebabnya relaksasi menjadi hal yang penting dilakukan saat sedang stres.

 

Banner SBBI
Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini