SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang stres. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Stres ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Stres terjadi saat alarm tubuh menyala lantaran merasa dalam keadaan tertekan.

Ketika sedang stres, seseorang biasanya butuh energi ekstra untuk tenang menghadapi kenyataan. Pada kondisi ini, otak memerintahkan kelenjar adrenalin yang terletak di atas ginjal melepaskan hormon adrenalin dan kortisol untuk meredakan stres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Boldsky, Rabu (29/1/2020), peningkatan adrenalin berpengaruh pada detak jantung, tekanan darah, dan energi. Sementara hormon kortisol bakal meningkatkan kadar gula dalam darah.

Ekspedisi Mudik 2024

Hal tersebut merupakan respons alami dari tubuh untuk membantu mengatasi stres. Jadi, sebenarnya stres memberikan pelajaran bagi tubuh untuk menghadapi situasi penuh tekanan. Hal ini jelas sangat baik efeknya bagi tubuh.

Pada dasarnya, tubuh manusia dirancang siap menghadapi segala situasi, termasuk stres baik positif maupun negatif. Stres membantu meningkatkan kewaspadaan.

Meski begitu, stres akut menyebabkan efek negatif bagi tubuh. Jadi, pastikan Anda tidak terlalu tertekan saat dilanda stres.

Jika sedang stres, ada baiknya Anda beristirahat sejenak. Lupakan segala masalah yang menjadi beban.

Stres akan hilang jika Anda menghadapinya dengan santai. Itulah sebabnya relaksasi menjadi hal yang penting dilakukan saat sedang stres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya