SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Persediaan vaksin flu burung di Kabupaten Karanganyar tinggal 20.000 dosis.
Jumlah itu sangat kurang bila dibandingkan jumlah unggas yang perlu divaksinasi dimana mencapai jutaan ekor. Di samping itu, pengadaan vaksin baru flu burung tahun 2013 baru akan tiba Maret mendatang.

Informasi itu dihimpun di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Karanganyar, Kamis (17/1/2013). Keberadaan vaksin flu burung sangat penting untuk mencegah penyebaran virus avian influenza (AI) yang mulai menyerang Oktober tahun lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beruntung hingga awal 2013 belum ada laporan baru kematian massal berbagai jenis unggas. Seperti disampaikan petugas Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Karanganyar, Fathur Rahman, saat ditemui Solopos.com. Menurut dia jumlah unggas yang dilaporkan mati dengan indikasi penyakit flu burung sejak Oktober 2012 di bawah 10.000 ekor.

Namun diakuinya tidak menutup kemungkinan jumlah unggas yang mati massal lebih dari angka itu. “Untuk vaksin flu burung masih tersedia hingga saat ini, tapi tinggal 20.000 dosis. Bila dibandingkan dengan jumlah unggas yang butuh divaksin ya sangat kurang,” katanya. Tapi dia buru-buru menambahkan, tambahan vaksin flu burung akan tiba bulan Maret.

Selain vaksinasi, Fathur Rahman menjelaskan, upaya pencegahan flu burung terus digalakkan dengan penyemprotan cairan disinfektan ke kandang unggas. Disnakkan menyediakan cairan tersebut, sedangkan penyemprotan dilakukan secara mandiri oleh peternak. Di sisi lain pengamatan Espos, tidak sedikit kandang unggas di Karanganyar berada dekat permukiman warga.

Sehingga bila terjadi serangan flu burung pada unggas sangat membahayakan masyarakat. Secara terpisah, legislator Kabupaten Karanganyar dari Fraksi Partai Demokrat (FPD), Tri Haryadi, meminta Pemkab setempat mengutamakan langkah pencegahan ketimbang pengobatan. Upaya-upaya antisipatif harus lebih didorong supaya flu burung tidak menyebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya