SOLOPOS.COM - Seorang petugas menyuntikkan cairan vaksin Covid-19 di lengan seorang pedagang pasar tradisional di Kota Madiun, Jumat (16/4/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Masyarakat Kota Madiun yang sudah divaksinasi Covid-19 lebih dari 70%. Saat ini ketersediaan vaksin masih ada 27.000 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun, Denik Wuryani, mengatakan untuk saat ini masyarakat kota yang sudah divaksinasi dosis pertama lebih dari 70%. Sedangkan vaksinasi dosis kedua baru 38%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini kan vaksinasi masih terus dilakukan,” ujar Denik kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: 1.200 Warga Madiun Bakal Dites Swab Antigen Setiap Hari

Dia menyampaikan stok vaksin yang tersedia saat ini ada sekitar 27.000 dosis. Namun, stok itu sebagian untuk dosis kedua bagi warga yang sebelumnya sudah disuntik dosin pertama.

“Jadi istilahnya sudah ada yang punya. Untuk jenis yang tersedia ada Sinovac, AstraZeneca, Sinophram, dan Moderna,” jelasnya.

Saat ini masih ada sekitar 20% tenaga kesehatan yang belum disuntik vaksin dosis ketiga atau Moderna. Denik menegaskan vaksinasi yang dilakukan di masing-masing Puskesmas hanya untuk warga Kota Madiun.

Baca juga: Kabupaten Madiun Kini Level 3, Kapan PTM akan Digelar?

“Saat ini kan bukan lagi untuk pelayan publik. Untuk masyarakat umum. Jadi vaksinasi ini untuk warga kota. Sedangkan untuk warga luar kota bisa meminta di daerahnya masing-masing. Kalau gak gitu, warga [kota] gak bisa segera [mendapatkan vaksin],” ujarnya.

Vaksinasi bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan disabilitas di Kota Madiun, kata Denik, juga sudah mencapai 86% untuk dosis pertama dan 38,9% untuk dosis kedua. Total ODGJ dan kalangan disabilitas yang sudah mendapatkan vaksinasi sudah ada 409 orang.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan setiap hari ada sekitar 2.000 vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat. Dia menegaskan untuk saat ini stok vaksin masih cukup untuk lima hari ke depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya