Stok Terbatas, Vaksin Booster di Solo Hanya Cukup untuk 400 Orang

Stok vaksin Covid-19 booster di Kota Solo terbatas, saat ini hanya ada 200 dosis untuk 400 warga lanjut usia yang menjadi sasaran pertama.
SHARE
Stok Terbatas, Vaksin Booster di Solo Hanya Cukup untuk 400 Orang
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kickoff program pemberian vaksin Covid-19 booster di Kota Solo bakal dilakukan di RSUD Ngipang, Banjarsari, Jumat (14/1/2022). Sasaran awalnya adalah warga lanjut usia (lansia) yang bakal disuntik setengah dosis AstraZeneca.

Vaksin booster ini untuk mereka yang sudah menerima dua dosis lengkap Sinovac sebagai vaksin primer. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan lantaran stoknya terbatas, vaksin booster yang dimiliki Pemkot Solo saat ini hanya cukup 400 orang dan diberikan dalam waktu tiga hari.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Pelaksanaan Jumat-Minggu [14-16/1/2022] untuk 400 orang karena stoknya terbatas,” katanya kepada wartawan, Kamis (13/1/2022). Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah berkoordinasi dengan daerah sekitar yang memiliki stok vaksin selain Sinovac dan hampir kedaluwarsa.

Baca Juga: Kickoff Vaksinasi Booster Solo 14 Januari, Giliran Pertama Warga Lansia

Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap. “Dinas Kesehatan Kota [DKK] Solo sudah mengajukan permohonan, namun belum ada jawaban. Stok vaksin AstraZeneca dan Pfizer Indonesia kan masih terbatas, makanya kami enggak tahu dapat berapa nanti,” bebernya.

Menyasar Warga Lansia

Direktur RSUD Ngipang, Retno Erawati, mengatakan hari pertama program pemberian vaksin Covid-19 booster di Solo menyasar 150 sasaran warga lansia. Mereka sudah memenuhi syarat, yakni telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan.

Baca Juga: Pakar Patologi Klinik UNS Solo: Booster Vaksin Covid-19 Penting, Tapi..

Selain itu mereka masuk kelompok prioritas penerima vaksin booster. “Mereka sudah menerima undangan vaksinasi yang dimulai pukul 07.30 WIB. Besoknya, Sabtu, kami juga sudah mendapatkan sasaran. Kemudian, untuk hari berikutnya, masih menunggu data sasaran dari DKK,” katanya yang dihubungi secara terpisah.

RSUD Ngipang sudah menyiapkan dua tim vaksinator agar warga tidak menunggu terlalu lama. Per tim terdiri dari lima orang yang bertugas mulai dari proses skrining, vaksinasi, hingga observasi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

Baca Juga: Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari, Solo Siap?

Selain melayani vaksinasi booster, RSUD Ngipang tetap melayani program vaksinasi primer atau dosis satu dan dua. “Operasional vaksinasi setiap hari, pukul 07.30 WIB sampai selesai atau sampai habis mereka yang daftar,” jelas Retno.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago