SOLOPOS.COM - Minyak goreng kemasan tersedia cukup banyak di salah satu gerai Indomaret di Jl Adi Sucipto, Solo, Jumat (193/2022). (Solopos/Izzul Mutaqqin)

Solopos.com, SOLO — Stok minyak goreng di minimarket Kota Solo mulai terisi setelah beberapa waktu lalu lebih sering kosong. Namun, lantaran harganya mahal sejak penghapusan HET minyak goreng kemasan per 16 Maret 2022, pembelinya minim.

Pantauan Solopos.com di gerai Indomaret Jl Adi Sucipto, Solo, Jumat (18/3/2022), stok minyak goreng kemasan di rak-rak cukup banyak. Salah seorang petugas minimarket tersebut, Hendra, mengatakan harga minyak goreng kemasan itu Rp24.700 per liter atau per kemasan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: HET Dicabut, Warga Solo Masih Butuh Operasi Pasar Minyak Goreng?

“Hanya saja jumlah pembeli sangat sedikit. Dalam sehari hanya ada beberapa pembeli yang datang membeli minyak,” ungkapnya tanpa menyebutkan jumlah detail pembeli yang dimaksud.

Hal tersebut sangat jauh berbeda dibandingkan keadaan saat pemberlakuan HET minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter. Ketika itu stok minyak goreng di minimarket Kota Solo itu sedikit dan masyarakat yang mencari minyak ke tempatnya mencapai puluhan orang setiap hari.

“Namun saat itu stok minyak goreng kan jarang ada. Jadinya banyak calon pembeli yang harus pulang dengan tangan kosong,” tutur Hendra.

Baca Juga: 3.000 Liter Minyak Goreng Rp14.000 di Balai Kota Solo Diserbu Warga

Kenaikan Harga

Salah seorang warga Kota Solo, Nurul, mengatakan harga minyak goreng di sejumlah minimarket memang mengalami kenaikan sejak dua hari lalu. “Ya harganya berkisar Rp27.000 hingga Rp29.000. Macam-macam, tergantung merek. Kebetulan saya kan sering beli minyak di minimarket,” tuturnya saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (18/3/2022).

Sebelumnya, Solopos.com sempat melakukan pemantauan pada Senin (14/3/2022) atau dua hari sebelum pengumuman pencabutan HET minyak goreng kemasan Rp14.000/liter. Saat itu, stok minyak goreng di salah satu gerai Indomaret di Kota Solo masih kosong.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Curah Jadi Rp14.000/Liter, Stok di Solo Kosong

Salah satu karyawan Indomaret tersebut, Toha Khoirul Rois, mengatakan stok minyak goreng hanya datang dua hari sekali. “Sekarang dibatasi lima karton, dalam satu jam sudah habis terjual, bahkan stok baru datang sudah ditungguin oleh pembeli,” ucapnya kepada Solopos.com, Senin.

Pembeli di Indomaret dibatasi satu orang satu minyak goreng. Untuk harga satu liter Rp14.000, dua liter Rp28.000, lima liter Rp60.000. “Harga minyak sama kisarannya, dengan merk Filma, Sania, Sovia, Bimoli,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya