SOLOPOS.COM - TV Analog bisa menerima siaran TV Digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menyediakan bantuan set top box gratis sebanyak 1 juta unit yang pembagiannya ditargetkan selesai pada Agustus 2022.

Hingga kini, baru 87.000 perangkat yang sudah dibagikan ke rumah tangga miskin yang masuk kriteria penerima bantuan. Dengan demikian, masih ada lebih dari 900.000an set top box gratis yang belum dibagikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari laman siarandigital.kominfo.go.id, Senin (3/6/2022), terdapat sejumlah syarat mutlak yang harus dipenuhi masyarakat untuk mendapatkan bantuan set top box tersebut.

Adapun syarat pertama, keluarga miskin itu harus tercantum di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan memiliki perangkat TV analog di rumahnya untuk memudahkan menangkap siaran TV digital.

Ditegaskan bahwa bantuan ini khusus diberikan pada keluarga tidak mampu yang merujuk pada Undang-undang dan persyaratan di Kementerian Sosial.

Baca Juga: Siaran Digital April 2022, Pemerintah Jamin Ketersediaan Set Top Box

“Keluarga tidak mampu ini tidak serta seluruhnya, tetapi yang di rumahnya memiliki televisi analog. Kalau dibagikan set top box, tetapi di rumahnya tidak ada televisi, ya tidak bisa digunakan perangkat. Hal-hal itu sudah diatur sedemikian rupa,” kata Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang belum lama ini seperti dilansir Bisnis.com.

Lebih lanjut berdasarkan pada DTKS Kementerian Sosial, terdapat sebanyak 6.737.971 rumah tangga miskin yang tinggal di wilayah terdampak migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

Data itu, berisikan detail informasi penerima bantuan, seperti nama, NIK, KK, hingga alamat lengkap.

Untuk pengadaan dan pendistribusian set top box gratis TV digital untuk rumah tangga miskin ini, dilakukan secara bertahap oleh pemerintah dan penyelenggara multipleksing (operator siaran TV digital) sesuai dengan tahapan pelaksanaan ASO dengan perincian 1 juta unit dari pemerintah dan 4.177.760 dari penyelenggara multipleksing.

Baca Juga : Mudah! Cara Cek TV Bisa Terima Siaran Digital

Sementara itu, Koordinator Infrastruktur Penyiaran Ditjen PPI Kemenkominfo Indra Siswoyo mengatakan saat ini data yang digunakan adalah dari DTKS Kementerian Sosial.

Namun berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihaknya juga terus memutakhirkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar calon penerima betul-betul tepat sasaran.

Di tahap pertama, sambung dia, sudah dilakukan pendistribusian yang dibantu oleh PT POS Indonesia ke 87.000 rumah tangga miskin dari total 1 juta bantuan set top box yang akan dibagikan oleh pemerintah pada tahun ini.

“Artinya, masih ada kurang lebih 900.000 lagi yang belum disalurkan ke rumah tangga miskin calon penerima. Rumah tangga miskin yang akan menerima bantuan set top box gratis ini salah satu syaratnya adalah wilayahnya harus terjangkau siaran TV digital,” tutur Indra.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Masih Ada 900 Ribuan Set Top Box Gratis, Ini Syarat dan Cara Dapatnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya