SOLOPOS.COM - Sumbang darah para donor SMA Santo Yosef, Kamis (26/3/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Stok darah PMI di Solo dicukupi dengan jemput bola, yakni membuka stan di swalayan.

Solopos.com, SOLO — Palang Merah Indonesia (PMI) Solo memprediksi jumlah donor darah selama bulan Ramadan turun mencapai 75%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Unit Donor Darah PMI Solo, Titis Wahyuono, mengatakan setiap bulan biasanya donor darah di PMI Solo mencapai 8.000 orang. Namun, karena bulan ini puasa, biasanya donor turun.

“Mayoritas penduduk di Solo kan beragama Islam, tentu sangat berpengaruh terhadap ketersediaan donor darah. Biasanya, orang berpuasa enggan untuk mendonorkan darah,” katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (18/6/2015).

Dia juga mengatakan meskipun akan ada penurunan donor, untuk stok darah di PMI Solo dipastikan mencukupi selama Bulan Puasa. Saat ini sudah ada sebanyak 3.300 kantong darah yang tersedia.

Dalam kondisi normal, stok darah ini bisa mencukupi selama satu bulan. Namun, jika nanti ada permintaan secara bersamaan dari berbagai daerah, tentu stok tersebut tidak mencukupi.

Menurut dia, selama ini banyak dari berbagai daerah seperti Karanganyar, Sragen, Yogyakarta, dan Semarang yang meminta darah di PMI Solo.

“Meskipun stok di Bulan Puasa aman, tetap saja ada kekhawatiran akan terjadi kekurangan. Untuk kebutuhan darah per hari yaitu 300 kantong,” ujar dia.

Titis menjelaskan sebelum memasuki bulan Ramadan, pihaknya telah menggiatkan secara masif garakan donor darah. “Karena ini sudah agenda setiap tahun, kami mencoba menyiasatinya dengan memperbanyak stok sebelum Ramadan,” ujar dia.

Pada saat bulan Ramadan petugas akan lebih mengintensifkan gerakan di masyarakat yang non-islam. Menurut dia, sebenarnya mendonorkan darah saat puasa tidak menimbulkan dampak apa pun.

Kasi Humas PMI Solo, Riki Mirzam, menyampaikan selama Ramadan memang ada perubahan sistem penjaringan donor darah. Yaitu setiap malam petugas PMI akan menyiapkan stan di beberapa swalayan di Solo untuk menerima donor darah.

“Selain itu, kami juga meminta kepada masyarakat yang tidak berpuasa bisa donor darah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya