SOLOPOS.COM - Pedagang beras di Pasar Gading, Solo, Selasa (3/3/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Stok beras dan harga yang tinggi menjadi alasan wacana pembukaan keran impor beras.

Solopos.com, JAKARTA — Opsi membuka keran impor beras akan diputuskan setelah menerima laporan hasil panen raya pada akhir Mei 2015. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah membuka peluang untuk mengimpor beras jika produksi sampai akhir Mei hanya di bawah 1,5-2 juta ton.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita lihat setelah panen raya akhir Mei. Lihat hasilnya bagaimana baru dipertimbangkan [impor] kalau memang cadangan nasional di bawah 2 juta ton,” ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jumat(8/5/2015).

Jika stok yang ada di pasaran kurang, maka harga akan lebih tinggi daripada acuan pemerintah. Jika Badan Urusan Logistik (Bulog) tetap membeli beras dalam negeri, harga akan berlanjut naik.

Menurut Jusuf Kalla, hasil panen yang tak maksimal bukan hanya persoalan internal proses pertanian, tetapi risiko eksternal seperti cuaca, bibit, dan faktor pertanian lain. Menjelang Ramadan dan Lebaran, pemerintah juga berupaya menyediakan beras yang lebih berkualitas. Alasannya, permintaan beras berkualitas baik akan meningkat seiring kebutuhan masyarakat membuat panganan khas dari bahan baku beras.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengindikasikan peluang untuk membuka keran impor beras. Hal itu jika realisasi produksi nasional rendah dan penyerapan Bulog diproyeksi lebih rendah dari 1,5 juta ton atau 55% dari target minimum 2,7 juta ton pada 2015.

Saat ini, tim yang dibentuk oleh Wapres untuk mengidentifikasi polemik harga dan stok beras belum memberi laporan. Namun, dia memperkirakan kuantitas panen di sentra produksi beras rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya