SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, aplikasi investasi saham Stockbit berhasil menyelenggarakan kompetisi trading saham secara virtual dengan tema Sebelas Market Capital Market Competition (SMCMC) “Go Beyond Your Limits by Starting Unlimited Trading”.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi Sekolah Pasar Modal pada 6 Agustus 2022 secara hybrid di Solo dan disiarkan secara online kepada masyarakat, kompetisi trading online pada 22-26 Agustus 2022, babak grand final pada 3 September 2022 serta pengumuman pemenang pada 10 September 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas kolaborasi UNS dan Stockbit Sekuritas dalam melaksanakan kompetisi ini. Kami meyakini bahwa melalui kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 170 tim dari kalangan mahasiswa/i tingkat D3/D4/S1 di seluruh Indonesia ini, pesan 3P [Paham, Punya, Pantau] yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia akan semakin dikenal luas oleh masyarakat,” kata PR & Corporate Communication Lead Stockbit, William, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (14/9/2022).

Pada kesempatan yang sama, William juga menyampaikan terima kasih kepada M. Wira Adibrata selaku Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Jawa Tengah 2, Ari Seta Kurniawan selaku Pelatih dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 2, para dosen dan mahasiswa/i UNS, para juri kompetisi serta tim Stockbit yang telah berkolaborasi sejak pelaksanaan kegiatan Sekolah Pasar Modal sampai pengumuman pemenang.

Baca Juga : Pergerakan IHSG Rawan Koreksi, Cermati Saham-Saham Ini

Terkait dengan teknis pelaksanaan kompetisi trading saham tersebut, lebih dari 170 tim (maksimal beranggotakan dua orang) dikerucutkan menjadi 10 finalis yang dipilih berdasarkan jumlah saldo akhir mereka.

Selanjutnya setiap peserta diberikan uang virtual masing-masing Rp100 juta di awal untuk melakukan trading saham. Para finalis ini kemudian diberikan waktu selama satu pekan untuk mempersiapkan analisis dan presentasi mengenai bisnis dan saham emiten tertentu di depan dewan juri yang beranggotakan Anggaraksa Arismunandar (Senior Investment Analyst Stockbit), Elisa Valenta (Senior Writer Forbes Indonesia), dan Aldy Fariz Achsanta (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS).

Baca Juga: Public Expose Live 2022, Sebanyak 54 Perusahaan Sampaikan Paparan Kinerja

Setelah melalui proses penjurian, kompetisi ini mendapatkan lima pemenang, yakni Andreas dari Universitas Sumatra Utara (ID Stockbit AndreDre) sebagai Juara I, Kurniawan Cahyo Eko Saputra dan Akhmad Rakhmatullah dari Universitas Negeri Semarang (ID Stockbit Kurniawancahyo) sebagai Juara II, Rafina Alya Zhahira dan Agung Mu’arif dari Universitas Negeri Yogyakarta (ID Stockbit Rafina14) sebagai Juara III, M. Fatkhul Majid dari Universitas Negeri Semarang (ID Stockbit 26Fatkhul) sebagai Best Trader serta Siti Atikah Oktaviani dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung (ID Stockbit Saonice10) sebagai Best Presenter.

Para pemenang mendapatkan total hadiah Rp15 juta berupa saldo Rekening Dana Nasabah (RDN) di Stockbit.

“Tentu ke depannya kami berkomitmen untuk melanjutkan inisiatif yang baik ini agar generasi muda Indonesia semakin sadar berinvestasi dan dapat berinvestasi dengan benar di pasar modal,” ujar William.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya