SOLOPOS.COM - Ruangan utama di London Central Mosque, Inggris (Theguardian.com)

Dua masjid di Kota London mendapat keistimewaan berupa status yang setara dengan Istana Inggris.

Solopos.com, LONDON – Jumlah muslim di negara-negara Eropa belakangan ini mulai meningkat. Meski belum mendominasi, keberadaan mereka mulai diakui dan mendapatkan perlindungan dari pemerintah setempat, seperti yang bermukim di Inggris.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Buktinya, Kementerian Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris baru saja menetapkan dua masjid di Kota London sebagai cagar budaya yang harus dilindungi. Kedua masjid itu adalah London Central Mosque dan Islamic Cultural Center. Penetapan status baru ini didasarkan pada nilai sejarah dan budaya yang penting bagi Kota London.

Pemerintah Inggris menyebut kedua masjid itu tak sekadar berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi juga berpartisipasi dalam perkembangan budaya di London. Dikutip dari The Guardian, Kamis (15/3/2018), rencana pembangunan London Central Mosque itu kali pertama dicetuskan pada 1910. Namun, pembangunan ini baru terlaksana sekitar tahun 1970-an, kala Perdana Menteri Winston Churchill menawarkan sebidang tanah di sebelah selatan London Selatan. Masjid yang mampu menampung ribuan jemaah itu memiliki kubah raksasa dan minaret setinggi 44 meter.

Sementara Islamic Cultural Center yang merupakan pusat kegiatan komunitas muslim di London ini selesai dibangun pada 2008 lalu. Tempat ini juga disebut sebagai pusat interaksi budaya muslim terbesar di kawasan Eropa Barat. Sebab, masjid ini sering dipakai untuk mengadakan acara penting yang dihadiri muslim dari berbagai negara di Eropa.

Kini, kedua masjid tersebut mendapat keistimewaan yang serupa dengan istana-istana bersejarah milik Kerajaan Inggris. Pemeliharaan kedua masjid itu akan benar-benar diperhatikan oleh pemerintah, sama seperti tempat bersejarah lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya