SOLOPOS.COM - Stasiun Telawa di Juwangi, Boyolali, Minggu (27/2/2022). (Solopos-Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Stasiun Telawa di Kecamatan Juwangi, Boyolali, merupakan salah satu bangunan peninggalan penjajah Belanda yang saat ini masih eksis digunakan sebagai tempat singgah kereta api.

Kepala Sub Seksi Hukum Kepatuhan dan Komunikasi Perusahan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa, Sri Isnaini, 52, saat dihubungi Solopos.com melalui WhatsApp, Selasa (1/3/2022), menjelaskan Stasiun Telawa di zaman dulu digunakan sebagai tempat singgah kereta pengangkut kayu yang dihasilkan Perhutani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang jelas dulu ada kaitannya dengan stasiun, karena kayu-kayu kan angkutan pertama kali menggunakan kereta api di zaman dulu. Kalau sekarang kan angkutan hasil hutan diangkut pakai kendaraan roda empat, tidak lewat kereta api,” ungkapnya.

Baca juga: Unik, Juwangi Boyolali Punya Wisata Lodji Papak hingga Stasiun Telawa

Sementara itu, salah satu staf Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Telawa, Febrianto, 31, mengatakan fungsi Stasiun Telawa saat ini sama dengan stasiun pada umumnya, yaitu untuk tempat turun dan naik penumpang.

“Sehari ini yang naik dari sini ada dua hingga tiga orang, Paling banyak ada 32 pas liburan. Untuk yang turun gitu juga lumayan, per hari ada tiga hingga empat orang,” ungkap Febrianto saat ditemui Solopos.com di Stasiun Telawa, Juwangi, pada Minggu (27/2/2022).

stasiun telawa juwangi
Staf Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Telawa, Juwangi, Boyolali Febrianto, 31, mengoperasikan sinyal kereta, Minggu (27/2/2022). (Solopos-Ni’matul Faizah)

Febrianto menjelaskan banyak kereta yang berlalu lalang di perlintasan dekat Stasiun Telawa Juwangi, tapi hanya kereta api Joglosemarkerto yang singgah.

Kereta Api Joglosemarkerto

Menurut dia, kereta Joglosemarkerto datang tiap hari, berhenti di Stasiun Telawa sekitar jam 07.31 WIB pagi dan 15.56 WIB sore. Tapi, menurutnya, penumpang yang turun di stasiun terbut tidak ada yang membawa pisang atau dagangan.

Lebih lanjut, Febrianto menginformasikan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Juwangi dengan kereta api dapat menggunakan kereta api Joglosemarkerto.

“Jadi penumpang yang mau ke sini bisa naik melalui Solo, Semarang, Purwokerto, atau daerah yang menjadi tempat pemberhentian kereta tersebut,” jelasnya.

Baca juga: Juwangi Boyolali Punya Wisata Keren Tapi Sayang Ada Kendala Ini 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya