SOLOPOS.COM - Stasiun Tanggung di Grobogan, Jawa Tengah. (Heritage.kai.co.id)

Solopos.com, GROBOGAN — Tahukah Anda jika stasiun kereta api (KA) tertua di Indonesia ternyata berada di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah? Stasiun tersebut bernama Stasiun Tanggung.

Dikutip dari laman heritage.kai.id, Kamis (24/2/2022), stasiun ini terletak di di Tanggungharjo, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah. Dengan ketinggian +20 m dpl, Stasiun Tanggung terletak di Daerah Operasi IV Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Stasiun Tanggung yang mulai dibangun pada 1864 oleh pemerintah Belanda dan dibangun ulang pada 1910. Pada 10 Agustus 1867 Stasiun ini menjadi saksi dibukanya jalur Kereta api pertama antara Tanggung – Kemijen sejauh 25 km oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Ludolph Anne Jan Wilt Baron Sloet van de Beele.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Misteri Gua Aswatama di Pantai Ujung Negoro Batang

Sampai saat ini, stasiun dengan gaya arsitektur Swiss Chalet yang berasal dari Swiss itu masih berfungsi. Gaya khas Eropa terlihat dari bagian atap pelana yang diberi dekorasi dan ekspose tiang konstruksi.

Stasiun kereta api tertua di Indonesia ini memiliki empat ruangan, yakni ruang kepala stasiun yang juga digunakan untuk loket, gudang, ruang tunggu, dan ruang PPKA.

Ada hal unik di Stasiun ini salah satunya adalah tugu peringatan dengan tulisan “Di Bumi iniliah kita bermula” sebagai pegingat sejarah bermulanya kereta api di Indonesia.

Baca juga: Misteri Punden Mbah Ro, Tempat Pesugihan di Bledug Kuwu

Keunikan lainnya adalah tepat dibelakang stasiun terdapat rumah panggung yang terbuat dari kayu, diperkirakan rumah tersebut merupakan rumah Kepala Stasiun Tanggung dan masih ada hingga saat ini.

Stasiun kereta api terrtua di Indonesia itu kini berfungsi sebagai stasiun pemantau dan merupakan stasiun bersejarah yang dilindungi UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya