SOLOPOS.COM - Objek wisata De Tjolomadoe, di Colomadu, Karanganyar. (De Tjolomadoe)

Solopos.com, SOLO — Stan Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo masih tersedia cukup banyak bagi kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berminat untuk ikut serta.

Dari total 500 stan yang disediakan, tercatat baru 60-an persen yang terisi. Itu artinya masih ada 40 persen atau kurang lebih 200 stan yang belum terisi. Bazar Expo Muktamar Muhammadiyah rencananya digelar di De’ Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, 17-21 November 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penelusuran Solopos.com melalui akun Instagram Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, @muktamar.48, ada beberapa langkah alur pemesanan booth atau stan Muktamar Fair. Pertama mengunjungi laman https://bazar.muktamar48.id/.

Selanjutnya klik menu Pesan Bazar kemudian melengkapi data-data penunjang. Langkah berikutnya berupa pilih posisi booth yang tersedia pada laman.

Pembayaran sewa stan atau booth Bazar Expo Muktamar Muhammadiyah di Solo itu ditransfer via Bank Syariah Indonesia atas nama Panitia Penerima Sie Bazar dan Expo dengan nomor rekening  9061726640. Waktu pembayaran  harus selesai dalam waktu 24 jam.

Baca Juga: Bazar Expo UMKM Muktamar ke-48 Muhammadiyah Solo, Ratusan Stan Sudah Terisi

Selanjutnya proses selesai. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor petugas penyelenggara  0899 8504 6660. Muktamar Fair merupakan agenda penunjang Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022.

Inovasi Karya Muhammadiyah

Tujuan Muktamar Fair adalah mewujudkan produk unggulan UMKM dan Inovasi Teknologi Karya Muhammadiyah yang berdaya saing nasional dan internasional.

Penyelenggara membagi delapan zona Muktamar Fair Muhammadiyah Aisyiah 2022, masing-masing badan usaha yang sebagian atau seluruh sahamnya milik persyarikatan Muhammadiyah. Kemudian bidang pendidikan, buku dan alat tulis; kesehatan, elektronik.

Baca Juga: Wah! Penggembira Muktamar Muhammadiyah Solo Bisa Piknik Gratis ke Karanganyar

Lalu, peralatan umum, dan tour & travel; produk makanan olahan; food court; mainan anak, merchandise, kecantikan, dan aksesoris; dan pakaian, sepatu, tas, fashion.

Adapun bazaar expo Muktamar Muhammadiyah Solo memakai lokasi outdoor di sisi timur kawasan  De Tjolomadoe sementara ruang indoor digunakan untuk Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE).

Ada 100 stan MITE untuk perguruan tinggi Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah, dan individu Muhammadiyah. Sekretaris Bidang Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Muhammad Lutfi Arsyad, Senin (26/9/2022), menjelaskan  lebih kurang 60 persen dari 500 stan expo telah terisi.

Baca Juga 10.000 Penggembira Muktamar Muhammadiyah dari Malang Dipastikan Datang ke Solo

Pendaftar Expo Muktamar Ada dari Malaysia

Para peserta yang telah mendaftar tidak hanya dari Soloraya namun dari berbagai daerah serta internasional, di antanya Kota Makassar. Bahkan, Lutfi mengatakan sudah ada perusahaan Malaysia yang memesan tiga booth.

Pemesanan dari Malaysia masih ada kemungkinan bertambah. “Dia [pengusaha asal Malaysia] meminta flyer dan update informasi untuk dibagikan kepada pengusaha-pengusaha Malaysia. Kemungkinan nanti ada lagi temannya yang mau daftar juga,” paparnya.

Dia menjelaskan penyelenggara bazar menawarkan stan dengan tarif mulai Rp3 juta selama lima hari. Penyelenggara menjajaki kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk mendorong UMKM binaannya ikut memeriahkan Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Baca Juga: Siapkan Pengamanan Muktamar Muhammadiyah, 40 Kader Kokam Diberikan Ilmu Kebal

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan Pemkot Solo bakal menyiapkan stan bagi para UMKM selama kegiatan muktamar. Dia memastikan stan khusus UMKM tidak ada di hotel-hotel.

“Kami sambut 3 juta peserta [dan penggembira] muktamar yang akan hadir Kota Solo,” jelasnya, Senin pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya