SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerima Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, Selasa (13/10/2020). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Entrepreneurship dan Milenial Billy Mambrasar, menyampaikan apresiasi atas kinerja positif dari Kementerian Pertanian (Kementan) dibawah kepemimpinan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Billy menilai Kementan telah berhasil meningkatkan nilai ekspor sektor pertanian. Sehingga membuktikan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang paling kuat di masa pandemi Covid-19. Diketahui pada periode bulan Januari sampai Agustus 2020, ekspor sektor pertanian Indonesia meningkat sejumlah 8,82 persen, yakni mencapai Rp258 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya siap mendukung seluruh program yang diusung oleh Kementerian Pertanian khususnya untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi milenial di sektor pertanian,” ujar Billy Mambrasar saat melakukan pertemuan dengan Mentan Syahrul, di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (13/10/2020)

Tiga Agenda Mentan, Bantu Petani Korban Banjir Bandang Sukabumi

Lebih lanjut Billy mengungkapkan, Mentan Syahrul memiliki program yang sangat krusial untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Yaitu melalui program food estate yang kini tengah giat dilakukan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Untuk itu Billy selaku generasi milenial ingin turut serta berupaya dan berkontribusi dalam mencapai output pertanian yang optimal. Dengan melalui peningkatan penggunaan teknologi pertanian dan meningkatkan minat generasi muda di sektor pertanian untuk menjadi petani milenial.

“Menteri Pertanian Syahrul memiliki program mendorong munculnya 2,5 juta petani milenial untuk menggerakan pertanian secara modern dan mengakses pasar secara leluasa. Untuk itu kami selaku Staff Khusus Presiden Bidang Inovasi, Entrepreneurship dan Milenial akan turut mendukung program tersebut dalam rangka menciptakan ketahanan pangan nasional,” ujar Billy

Harga Vaksin Covid-19 Turun Lagi, Kini Cuma Rp200.000 per Dosis

Petani Milenial

Hal ini sejalan dengan pernyataan Mentan Syahrul, bahwa peran petani milenial amat dinanti negara untuk bisa menciptakan inovasi pertanian dari hulu ke hilir. Sehingga menciptakan nilai tambah komoditas pertanian. Para petani milenial harus terus didukung agar bisa memacu tumbuhnya petani-petani muda yang baru.

Billy mengungkapkan bahwa pihaknya telah membuat rencana program untuk mendukung terlaksananya program petani milenial. Seperti menciptakan program resonator atau leader petani milenial . Ini dapat memodernkan pertanian serta meningkatkan akses produk pertanian tersebut ke pasar di level desa.

“Di tahap awal kita akan menyasar pada provinsi krusial seperti Papua dan Kalimantan Tengah sebagai provinsi percontohan. Ini untuk menciptakan farming leaders di kalangan milenial. Sehingga nantinya mereka diharapkan akan menularkan kepada jutaan milenial lainya di Indonesia,” ungkap Billy

Pacu Kinerja Pertanian Sukabumi, Mentan Perkuat Akselerasi Hulu Hingga Hilir

Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Entrepreneurship dan Milenial Billy Mambrasar. (Istimewa)

Rencana awal program tersebut akan dilakukan di 10 provinsi melalui pelatihan kepada petani milenial. Dalam pelatihan tersebut mereka bukan saja mendapat pemahaman terkait bagaiman meningkatkan produktivitas. Tetapi juga cara mengakses pasar dari suatu komoditas dengan menggunakan teknologi digital. Seperti strat-up dan kerjasama dengan banyak mitra lainya.

“Dari 10 provinsi, ditargetkan akan mencetak 100.000 petani milenial. Sehingga kedepan hasilnya tidak hanya untuk mensuplai kebutuhan pangan nasional tetapi juga berorientasi pada ekspor,” kata Billy dalam pertemuan dengan Mentan Syahrul

Pada kesempatan tersebut Billy juga menegaskan bawa generasi milenial harus kembali lagi kepada sektor pertanian. Karena dalam kondisi krisis akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini sektor pertanian merupakan sektor yang paling stabil. Tingkat pertumbuhan di sektor pertanian paling tinggi dibanding sektor lainya. Sehingga sektor ini terbukti menjadi sektor andalan di negeri ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya