[ X ] CLOSE

Stadion Calon Tuan Rumah Liga 2 Mulai Diverifikasi

Akhmad Hadian Lukita menegaskan pembagian grup baru dilakukan selepas verifikasi stadion tuan rumah selesai.
Stadion Calon Tuan Rumah Liga 2 Mulai Diverifikasi
SOLOPOS.COM - Sejumlah bendera dan spanduk pendukung Persis Solo dipasang di penjuru tribune Stadion Manahan, Solo, Senin (13/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai turun gunung untuk menentukan tuan rumah babak penyisihan Liga 2 2021. Sejumlah stadion telah diverifikasi kelayakannya mulai dari lapangan hingga fasilitas pendukung lain.

Hasil verifikasi bakal menjadi acuan PT LIB untuk menyusun pembagian grup Liga 2 musim ini. Ada empat venue yang akan dipilih sebagai tuan rumah Liga 2. Sejauh ini ada 11 klub yang mengajukan diri sebagai host, termasuk Persis Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, PT LIB telah memverifikasi calon tuan rumah di Pulau Sumatra. Markas PSPS Riau, Stadion Kaharudin Nasution, serta kandang Sriwijaya FC, Stadion Jakabaring, dicek oleh tim LIB, Selasa-Rabu (14-15/9/2021).

Baca Juga : Proyek Persis Youth U-20 Dimulai

Persis Solo sendiri mengajukan Stadion Manahan sebagai tuan rumah fase grup Liga 2 musim ini. Laskar Sambernyawa percaya diri bakal terpilih sebagai salah satu host.

Hal itu karena Stadion Manahan telah berstandar internasional dan punya fasilitas mewah seusai renovasi. Kota Solo juga punya pengalaman menyelenggarakan turnamen di masa pandemi Covid-19 yakni Piala Menpora.

Media Officer Persis, Bryan Barcelona, mengatakan manajemen siap apabila tim PT LIB sewaktu-waktu mengecek kelengkapan fasilitas di Kota Bengawan. “Sejauh ini belum ada kabar lanjutan jadwal verifikasi untuk Stadion Manahan. Namun pada prinsipnya kami siap,” ujar Bryan kepada Solopos.com, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Firli Bahuri Klaim Keputusan KPK Berhentikan Novel Baswedan Cs Konstitusional

 

Pembagian Grup

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapungkan optimisme Stadion Manahan bakal terpilih sebagai salah satu venue Liga 2. Pihaknya memastikan Stadion Manahan dan fasilitas pendukung lain seperti akomodasi dan lapangan latihan sudah memenuhi persyaratan. “Saya masih menunggu kabar, tunggu kabar baik,” ujar Gibran.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menegaskan pembagian grup baru dilakukan selepas verifikasi stadion tuan rumah selesai. Menurut Hadian, penunjukan empat tuan rumah nantinya bakal berpengaruh terhadap pembagian tim.

Pihaknya mengatakan penentuan venue bisa saja tak melulu soal stadion dan fasilitas lain, melainkan juga kondisi persebaran Covid-19 di daerah tersebut. “Keputusan akhir [pemilihan tuan rumah] ya di pemerintah dengan melihat penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Berhentikan 56 Pegawai Tak Lolos TWK, Ini Sikap Jokowi

Selain Persis, ada 10 tim lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah yakni PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United FC, PSKC Cimahi, Persekat Tegal, PSCS Cilacap, Kalteng Putra FC, dan Persiba Balikpapan.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago