SOLOPOS.COM - Stadion Barcelona, Camp Nou. JIBI/Solopos/Google Images

Solopos.com, BARCELONA – Raksasa Catalan, Barcelona, akan melibatkan para fans-nya dalam rencana pembangunan stadion barunya. Para fans ini akan dilibatkan dalam memberikan keputusan apakah stadion baru akan dibangun di lahan baru atau tetap di Camp Nou.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Barcelona, Javier Faus, kepada stasiun radio setempat, Selasa (10/12/2013) waktu setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Faus mengatakan dewan klub akan menggelar pertemuan pada 20 Januari 2014, guna membahas segala usulan, termasuk pembahasan terkait stadion baru, yang akan meningkatkan kapasitas penonton dari 98.000 menjadi 105.000. Hasil pembahasan itu kemudian akan diberikan kepada pendukungnya untuk melajukan pemungutan suara.

“Kami telah mengesampingkan membuat perubahan kecil karena itu itu akan lebih komplek dan buruk untuk para fans, yang akan kehilangan 12.000 kursi,” ujar Faus, dilansir Reuters.

“Biaya renovasi [stadion tetap di Nou Camp] akan menghabiskan dana sebesar 300 juta euro [setara Rp4,9 triliun] atau 600 juta euro [Rp9,89 triliun] untuk stadion baru. Tapi tentunya akan mengeluarkan biaya lebih mahal dengan gedung olahraga baru,” imbuh Faus, yang juga menjabat sebagai wakil presiden dalam bidang ekonomi klub.

“Kami tak ingin membuat keputusan, itu akan diputuskan para fans.”

“Klub bisa menghasilkan antara 100-120 juta euro [sekitar Rp1,6-1,9 triliun] per tahun dan setengahnya bisa digunakan untuk proyek olahraga, sementara sisanya untuk melakukan persiapan.”

Dewan klub juga berencana memberikan kesempatan pada para anggota klub untuk menentukan apakah pemberian nama stadion baru dijual ke sponsor atau tidak.

Ini bukanlah kali pertama Barcelona berkeinginan pindah dari Nou Camp, yang secara resmi mulai dibuka pada 1957 silam. Di masa kepemimpinan Joan Laporta, proyek pembangunan stadion baru rencananya diberikan pada arsitek Inggris, Norman Foster. Namun, rencana itu urung terlaksana seiring makin meningkatkan biaya pembayaran dan konstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya