SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rachman/JIBI/Bisnis)

DPR diam-diam berencana melakukan kunker ke Mesir untuk studi banding terkait pembahasan RUU Minuman Beralkohol.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Minuman Beralkohol akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mesir pada 6-12 Februari 2018 mendatang.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Informasi yang dihimpun Bisnis/JIBI di internal DPR, kunker akan diikuti oleh 14 anggota Pansus. Agenda kunker itu terdiri atas studi banding ke parlemen Mesir, Pemerintah Mesir, dan produsen di negera kawasan Afrika Utara tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun pembahasan RUU Minuman Beralkohol juga mengalami hambatan soal nomenklatur penamaan judul. Fraksi yang setuju menggunakan nomenklatur “larangan” adalah Fraksi PPP, Fraksi PKS, Fraksi PAN. Sedangkan fraksi yang setuju menggunakan nomenklatur “pengendalian dan pengawasan” adalah Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura, dan Fraksi NasDem.

Sedangkan fraksi yang mengusulkan judul tanpa embel-embel “larangan” dan “pengendalian dan pengawasan” adalah Fraksi Golkar dan Fraksi PKB.

Anggota Pansus dari Fraksi PAN, Kuswiyanto, mengaku prihatin. Alasannya, setiap kali pembahasan RUU Minuman Beralkohol, beberapa kali pula perwakilan pemerintah tidak hadir dalam rapat.

“Sikap pemerintah akan menghambat proses pembahasan, sehingga perkembangan RUU tersebut berjalan tidak baik,” kata Kuswiyanto dalam keterangan resminya, Jumat (02/02/2018).

Lebih lanjut menurut Kuswiyanto, RUU Minol yang sudah berjalan sejak 26 Mei 2016 lalu tak kunjung selesai. Padahal, sejumlah kalangan mendesak DPR dan pemerintah untuk menuntaskan pembahasan regulasi minuman keras tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya