top ear
Sate bumbu kacang. (Grab Food)
  • SOLOPOS.COM
    Sate bumbu kacang. (Grab Food)

Sssttt.... Ini Resep Rahasia Bumbu Sate Lezat Ala Chef Ternama

Inilah rahasia bumbu sate lezat ala chef ternama.
Diterbitkan Minggu, 2/08/2020 - 11:30 WIB
oleh Solopos.com/Chelin Indra Sushmita
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Sate menjadi salah satu olahan daging favorit masyarakat Indonesia. Di masa Iduladha sate dengan bumbu lezat kerap dijadikan referensi menu andalan untuk santapan keluarga.

Rasa sate yang lezat dengan tambahan bumbu kacang ini bukan hanya bergantung pada pengempukan dagin, namun juga pada pengolahan bumbu. Beberapa chef di Indonesia ini pun memberikan tips-tips untuk membuat bumbu sate yang lezat, seperti yang dilansir dari Okezone.com, Rabu (29/7/2020).

Tinggal di Rumah Baru, Mbah Minto Klaten Tetap Masak Pakai Anglo Jadul

Chef Agus Sasirangan

Chef Agus Sasirangan menjelaskan salah satu rahasia membuat bumbu sate yang lezat yakni pada pengolahan kacang. Kacang tidak boleh digoreng terlalu gosong. Jika kacang digoreng hingga gosong maka akan memengaruhi rasa bumbu.

“Ini penting, saat menggoreng kacang tidak boleh sampai gosong. Kalau proses penggorengannya saja sudah salah, hasilnya akan memengaruhi rasa. Biasanya jadi ada rasa pahit,” ucap Chef Agus.

Menurut Agus, pembakaran daging tidak sempurna bukan menjadi masalah. Asalkan, peracikan bumbu tepat. Kacang yang sudah digoreng dapat dihaluskan lalu ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti gula merah, kecap manis, dapat pula ditambahkan cabai sesuai selera.

Purnomo: Putri Woelan Cucu PB XII Niat Maju di Pilkada Solo 2020 

Sisca Soewitomo

Chef Indonesia lainnya pun turut memberikan tipsnya, Sisca Soewitomo. Ia memiliki tips spesial untuk membuat bumbu kacang yang lezat sebagai pelengkap sate. Menurut Sisca, agar tekstur bumbu bisa kental maka kacang yang telah dihaluskan harus segera direbus.

“Jangan sekadar dicampur air, harus direbus lagi supaya bumbunya menyatu,” ujar Sisca.

Laki-Laki Lebih Rentan, Bahaya Selfie 5 Kali Lipat Serangan Hiu

Bagi masyarakat yang ingin lebih praktis pun dapat menggunakan selai kacang kemasan. Selai ini dapat dengan mudah ditemukan di supermarket maupun toko. Untuk dijadikan bumbu sate, selai kacang kemasan dapat direbus untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu lainnya.

“Pakai saja selai kacang, lalu rebus sebentar sampai dia kental. Ingat pilihlah selai yang masih ada bulir-bulir kacangnya, jadi sensasi kacang itu masih terasa. Bisa juga ditambahkan kecap manis, irisan bawang merah, dan cabai rawit untuk memperkaya cita rasanya,” jelas Chef Sisca. (Arista Estiningtyas/JIBI/Solopos.com)


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini