Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.
SHARE
Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur
SOLOPOS.COM - Gedung UIN Rade Mas Said Surakarta. (uinsaid.ac.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar bakal kedatangan universitas baru. Setelah berdiri Universitas Muhammadiyah Karanganyar atau Umuka, kini Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said bakal berekspansi ke Karanganyar.

Kampus UIN Raden Mas Said rencananya dibangun di lahan seluas 10 hektare di Kecamatan Karanganyar. Lahan tersebut disiapkan Pemkab Karanganyar untuk mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Bumi Intanpari.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan kajian teknis terkait rencana pembangunan kampus UIN Raden Mas Said sudah dilakukan. Kajian teknis meliputi pengalihan status lahan.

“Lahan itu masih lahan basah produktif untuk pertanian. Jadi perlu pengalihan pemanfaatan menjadi lahan kering,” katanya Bupati di rumah dinasnya pada Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Umuka Hadir di Karanganyar, Begini Harapan Warga

Menurut Bupati, tanah seluas 10 ha itu berstatus hak milik Pemkab Karanganyar. Tanah tersebut berada di wilayah Lalung, Kecamatan Karanganyar. Untuk pemanfaatkan sebagai lokasi kampus UIN Raden Mas Said, Bupati siap menghibahkannya.

Bupati menginginkan agar kampus negeri bisa berdiri di Kabupaten Intanpari, sebutan Kabupaten Karanganyar. Namun proses hibah ini tentu harus mendapat persetujuan dari DPRD Karanganyar.

“Kita coba ada kampus yang baik di sini. Jadi Pemkab menginginkan UIN Raden Mas Said berdiri di sini. Ini wujud terima kasih Karanganyar ke Raden Mas Said,” tuturnya.

Baca Juga: Murah, Segini Biaya Kuliah di Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Kehadiran kampus negeri tersebut dinilai akan memberi dampak positif bagi masyarakat Karanganyar. Selain mampu membawa Karanganyar lebih maju, juga membuat masyarakat lebih intelektual serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

Selain itu, kata Bupati, berdirinya kampus negeri tentu akan membanggakan bagi Kabupaten Karanganyar. “Prodi [program studi] apa saja mangga. Harapannya kampus UIN Raden Mas Said bisa ada di Karanganyar,” harapnya.

Bupati menambahkan, pembangunan kampus negeri di Karanganyar sangat strategis. Apalagi wilayah Karanganyar juga nyaman sebagai tempat untuk menimba ilmu. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kampus negrri berdiri di Karanganyar.

Baca Juga: Ini 4 Lokasi Kampus Universitas Muhammadiyah Karanganyar

“Sekarang tinggal menunggu saja DPRD menyetujui atau tidak jika tanah 10 ha di Lalung dihibahkan untuk kampus negeri,” tuturnya.

Tak hanya kampus negeri, di Karanganyar juga dilirik untuk pembangunan rumah tahanan (Rutan) relokasi dari Solo. Sebab keberadaan rutan Solo dinilai sudah overload.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode