SOLOPOS.COM - Barikade terpasang untuk menutup akses menuju Pasar Gede, Solo, yang tengah dipakai untuk film layar lebar Srimulat: Hil yang Mustahal, Minggu (12/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo kerap menjadi lokasi pengambilan gambar atau syuting film layar lebar. Sejumlah film yang dibintangi aktor dan aktris top nasional menjadikan Solo sebagai latar tempat.

Terbaru, Solo menjadi lokasi syuting film komedi romantis bikinan PIM Pictures berjudul Nagih Janji Cinta. Produksi film ini mendapat dukungan penuh dari Pemkot Solo melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain dibintangi artis top Tanah Air, film ini juga menggunakan artis atau warga lokal Solo dan sekitarnya untuk memerankan beberapa karakternya. Open casting sudah dimulai untuk mencari tujuh pemeran karakter dari kalangan warga Solo, Sabtu (14/1/2022), di Solo Paragon Mall.

Baca Juga: Film Nagih Janji Cinta, Ini 7 Karakter yang Diperankan Artis Lokal Solo

Sebelum Nagih Janji Cinta, Solopos.com mencatat ada tujuh film layar lebar yang mengambil gambar atau syuting dengan latar tempat Kota Solo. Berikut daftarnya:

1. Miracle: Jatuh Dari Surga

Miracle: Jatuh dari Surga adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 3 Desember 2015. Film ini dibintangi Darius Sinathrya, Naomi Ivo, serta Anneke Jodi. Disutradarai Wisnu Adi, dengan produser Ichwan Persada.

2. Tania

Tania adalah film drama Indonesia tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Ferly Putra, Dianeersky, Afdhal Yusman, dan Wulan Guritno. Disutradarai Agung Ns Nanda, dengan produser M Reza Kacawijaya

Baca Juga: Syuting di Solo, Film Nagih Janji Cinta Buka Casting Pemain Lokal Lho

3. Yowis Ben 3

Film berikutnya yang syuting di Solo ini bergenre drama-komedi Indonesia tahun 2021 dan disutradarai Fajar Nugros bersama Bayu Skak. Film ini dibintangi Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, dan Tutus Thomson.

Serial ketiga ini menceritakan kisah grup musik Yowis Ben yang terancam kehilangan salah satu personel dan manajernya di tengah ketenaran grup musik tersebut. Yowis Ben 3 rilis di bioskop Indonesia pada 25 November 2021

4. Finding Srimulat

Finding Srimulat adalah film drama komedi Indonesia yang dirilis pada 11 April 2013. Film ini disutradarai Charles Gozali dan dibintangi Reza Rahadian dan Rianti Cartwright. Film tentang perjalanan menemukan Srimulat ini juga didukung sejumlah pemain Srimulat asli seperti Mamiek Prakoso, Djujuk Djuariah, dan Gogon.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis asal Solo Pulang Kampung, Mampir ke Kafe Ini

5. Srimulat: Hil yang Mustahal

Film biografi bergenre komedi ini disutradarai Fajar Nugros. Film kerja sama IDN Pictures dengan MNC Pictures ini dibintangi Bio One, Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrada, Zulfa Maharani, Morgan Oey, Rukman Rosadi, dan Erika Carlina. Proses syuting dimulai pada 11 Desember 2021 dan ditargetkan tayang pada tahun 2022.

6. Sobat Ambyar

Film pertama mendiang Didi Kempot yang dibalut dalam genre komedi romantis ini juga berlokasi syuting di Solo. Film ini diproduksi pada 2021 oleh sutradara Charles Gozali dan Bagus Bramanti. Film ini diangkat berdasarkan perjalanan karier Didi Kempot berkarya hingga dikenal sebagai maestro campursari.

Cerita film diambil dari sudut pandang Sobat Ambyar dengan menampilkan perjalanan seseorang yang sangat mengidolakan Didi Kempot. Sobat Ambyar tayang perdana di Netflix pada 14 Januari 2021.

Baca Juga: Berjaya di Solo Era 1980-An, Apa Kabar Teater Gapit, Ruang, dan Tera?

7. Jokowi The Movie

Drama biografi yang diproduksi tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Teuku Rifnu Wikana dan Prisia Nasution. Film dirilis pada Kamis, (20/6/2013) untuk menyambut hari ulang tahun Jokowi ke-52. Bersamaan dengan perayaan ulang tahun Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ke-486 , Sabtu (22/6/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya