SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani. (Istimewa/Dokumentasi Humas Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyatakan bakal mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati (cabup) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilkada Klaten 2020.

Kesiapan Sri Mulyani maju kembali pada Pilkada Klaten 2020 kembali disampaikan saat ditemui wartawan di Taman Lampion, Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Rabu (18/9/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau memang masyarakat merestui, mendukung, dan menghendaki saya untuk maju lagi, bismillah insyaallah saya siap,” kata istri mantan Bupati Klaten Sunarna itu.

Soal pandangannya terkait sosok calon wakil bupati (cawabup), Mulyani menyerahkan kepada partai politik (parpol) pengusung.

“Kalau keinginan saya cawabup tidak harus ASN, swasta, atau politisi. Yang penting sejalan dengan visi dan misi saya. Soal siapa cawabup, itu tergantung dari pusat. Ya nanti dilihat sambil jalan,” kata Sri Mulyani.

Pada Pilkada Klaten 2015, Sri Mulyani maju sebagai cawabup bersama Sri Hartini yang menjadi cabup diusung PDIP dan Partai Nasdem. Sri Hartini-Sri Mulyani terpilih sebagai pasangan Bupati-Wakil Bupati Klaten periode 2016-2021. Pada November 2017, Mulyani diangkat menjadi bupati setelah Sri Hartini diberhentikan lantaran terjerat kasus suap jabatan. Sejak Mulyani menjadi bupati, kursi wakil bupati kosong.

Selain menjabat bupati, Mulyani kini menjabat Ketua DPC PDIP Klaten. Meski dirinya siap maju kembali menjadi bakal cabup, Mulyani menegaskan PDIP tetap membuka penjaringan untuk posisi bakal cabup dan cawabup.

Ihwal penjaringan bakal cabup dan bakal cawabup Klaten dari internal PDIP, Mulyani menuturkan dalam proses. Hanya, ia belum mengungkapkan jadwal penjaringan tersebut. “Kami sudah memproses penjaringan kemudian nanti ada pendaftaran sampai Minggu [22/9/2019]. Ya sok dibuka sok ditutup,” kata Mulyani.

Soal koalisi, Sri Mulyani menuturkan dengan perolehan 19 kursi di DPRD Klaten, PDIP bisa mengusung sendiri pasangan cabup-cawabup pada Pilkada 2020. Namun PDIP tetap membuka pintu koalisi dengan parpol lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya