[ X ] CLOSE

Sri Mulyani Minta Produk UMKM Tampilkan Logo Klaten

Sri Mulyani meminta agar produk UMKM di Klaten menampilkan logo Kabupaten Klaten untuk mempromosikan produk unggulan daerah.
Sri Mulyani Minta Produk UMKM Tampilkan Logo Klaten
SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengunjungi salah satu stan pameran produk hasil pertanian di halaman Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Klaten, Selasa (26/10/2021). (Solopos.com/Taufiq SIdik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta agar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Bersinar bisa menampilkan logo Kabupaten Klaten. Hal itu dimaksudkan untuk mempromosikan produk unggulan daerah.

Hal itu disampaikan Mulyani saat ditemui di sela kegiatan bussines matching dan promosi produk unggulan hasil pertanian di halaman Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Selasa (26/10/2021). “Saya pesan ke semua UMKM yang hari ini ikut pameran di DPKPP Klaten untuk ikut menampilkan label Klaten. Biar sama-sama, semuanya ikut mempromosikan apa yang menjadi hasil unggulan produk dari Klaten,” kata Mulyani.

Mulyani mengatakan produk hasil pertanian di Klaten variatif. Dia mencontohkan ada hasil produk pertanian berupa beras yang pulen dan enak.  “Ada potensi unggulan pertanian lainnya yang sudah sampai dikirim ke Papua,” kata dia.

Baca Juga: Positif Covid-19, Pengantin Asal Klaten Malam Pertama di Tempat Isoter

Disinggung upaya untuk ikut memasarkan produk UMKM dari Klaten, Mulyani mengatakan selama ini organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani UMKM kerap mengajak pelaku usaha untuk mengikuti pameran di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Cara itu dimaksudkan agar para pelaku usaha kian berani menampilkan hasil usaha mereka layak untuk dibeli oleh warga dari berbagai penjuru.

Mulyani kembali menjelaskan pelaku UMKM di Klaten bisa memiliki peluang untuk berjualan di rest area di wilayah Klaten seiring rencana pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Dari informasi yang dihimpun, ada dua rest area di wilayah Klaten pada ruas jalan tol Solo-Jogja yakni di wilayah Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, dan Desa Jagalan serta Demakijo di Kecamatan Karangnongko.

“Tentu nanti dari kami akan mendata UMKM mana yang bisa berpeluang berjualan dan menampilkan produk mereka di rest area tersebut,” kata dia.

Baca Juga: Bawa Rp650 Miliar, Tim Pembebasan Tol Solo-Jogja Datangi Ngawen Klaten

Selain pameran produk UMKM, pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan sepeda motor roda tiga untuk kelompok tani di Klaten. Ada 23 sepeda motor roda tiga yang dibeli dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti, mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk menampilkan hasil produk pertanian yang dihasilkan kelompok tani, kelompok wanita tani, serta kelompok pertanian atau peternakan lainnya. “Kegiatan ini digelar untuk mempertemukan antar pelaku usaha hingga pelaku perbankan. Dari kegiatan ini juga akan terbangun jejaring bisnis dan usaha,” jelas dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago