SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Bill Gates (Liputan6)

Solopos.com, SOLO — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewakili pemerintah Indonesia untuk bertemu dengan mantan bos Microsoft Bill Gates dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim atau KTT COP 26 di Glasgow, Skotlandia.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani melalui unggahan di akun resmi Instagram miliknya @smindrawati pada Selasa (2/11/2021) waktu Indonesia atau Senin (1/11/2021) waktu Glasgow. Sejumlah pejabat pemerintahan Indonesia hadir di pembukaan COP 26 mengenai perubahan iklim.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Sri Mulyani, pemerintah akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk membahas perubahan iklim dan investasi hijau di Indonesia. Dia menyebutkan bahwa terdapat pertemuan dengan Bill Gates dan CEO Amazon Jeff Bezos.

“Beberapa pertemuan bilateral menerima @jeffbezos dan Bill Gates,” tulis Sri Mulyani dalam unggahannya yang dikutip Solopos.com, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia 2022 Dapat Dukungan dari Berbagai Negara

Menurutnya, Indonesia memiliki komitmen untuk menurunkan emisi karbon sesuai National Determined Contributions sebesar 29% dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan internasional pada 2030. Selain itu, terdapat target untuk menjadi net zero emission pada 2060 atau lebih awal.

Sri Mulyani menilai bahwa sektor kehutanan dan keanekaragaman hayati (biodiversity) dan mangrove memiliki peranan yang sangat penting, juga sektor energi dan transportasi. Aspek pendanaan dan akses teknologi menjadi sangat penting dalam pengembangan sektor-sektor itu.

“Indonesia peduli pada isue perubahan iklim karena kita peduli pada masa depan generasi muda,” tulis Sri Mulyani.

Baca Juga: Dipuji Pangeran Charles, Jokowi Dinilai Selamatkan Alam Indonesia

Pada hari pertama kunjungan ke Glasgow itu, Sri Mulyani tampak berjalan bersama Menteri Koordinator Bidan Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Langit kelabu (khas Inggris) dan udara dingin 8 derajat celcius, jalan dari perimeter ke tempat acara bersama Menko Perekonomian @airlanggahartarto_official dan Menteri BUMN @erickthohir dan Menteri @kemenpupr Basuki dan Menteri Seskab @pramonoanungw dan Menko Marinvest @luhut.pandjaitan. Kami sempat menengok paviliun Indonesia di UNFCC COP26,” tulis Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya