SOLOPOS.COM - Squid Game. (Netflix)

Solopos.com, SOLO-Serial Netflix Korea Selatan Squid Game berhasil memenangi dua penghargaan di Critics Choice Awards 2021 sebagai serial TV non bahasa Inggris terbaik dan aktor terbaik oleh sang pemeran utama, Lee Jung-jae. Ini tentu prestasi membanggakan di kancah internasional.

Diketahui bahwa dalam ajang Critics Choice Awards 2021 tersebut, Squid Game bersaing dengan serial komedi Meksiko Acapulco, drama komedi Prancis Call My Agent!, hingga serial aksi kriminal Spanyol Money Heist dalam meraih penghargaan sebagai serial TV non bahasa Inggris terbaik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan demikian, Squid Game menjadi acara TV Korea Selatan pertama yang memenangi penghargaan di Critics Choice Awards, yang dinilai oleh 500 kritikus film dan siaran TV di Amerika Utara.  Sementara Lee Jung-jae menjadi aktor Korea Selatan kedua yang memenangi penghargaan di ajang tersebut. Di antara semua nomine di kategori yang dia menangkan, Lee Jung-jae merupakan satu-satunya aktor non bahasa Inggris.

Baca Juga: Squid Game Dinominasikan di PGA Awards 2022

“Terima kasih banyak, Critics Choice Awards dan semua orang yang mendukung Squid Game. Saya tidak bisa mengungkapkan betapa senangnya perasaan yang sekarang. Terima kasih Netflix dan seluruh tim Squid Game,” kata Lee Jung-jae dalam pidatonya, dikutip dari Yonhap dan Antara pada Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, Lee Jung-jae juga menerima penghargaan dari Screen Actors Guild (SAG) Awards dan Film Independent Spirit Awards berkat perannya di Squid Game.

Sebelumnya, pencipta serial Netflix, Squid Game telah memenangi dua penghargaan di 20th Director’s Cut Awards pada Maret 2022.

Dikutip dari Korea Times, sutradara dan penulis serial ini, Hwang Dong-hyuk, memenangi kategori Skenario Terbaik dan Sutradara Terbaik dalam kategori serial dalam penghargaan Cut Awards. Kategori tersebut pun diketahui yang pertama di tahun ini.  “Merupakan suatu kehormatan untuk memenangkan penghargaan pertama dalam kategori ini. Saya sangat berterima kasih,” kata sutradara setelah menerima penghargaan.

Baca Juga: Sutradara Umumkan Squid Game akan Hadir Musim Kedua dan Ketiga

“Mengerjakan serial ini merupakan perjalanan yang panjang, berat, kesepian, dan menyakitkan. Saya sempat berpikir untuk menyerah beberapa kali dalam penderitaan. Dan untuk menerima penghargaan yang berarti membuat masa-masa itu berharga,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa meskipun proyek berikutnya belum ditentukan, dia mengatakan bahwa proyek itu kemungkinan akan menjadi film atau musim kedua Squid Game.  Tak hanya sang sutradara, Jung Ho-yeon, yang membintangi Squid Game, juga memenangkan Aktor Terbaik dalam kategori serial di Cut Awards.

Baca Juga: Berpose Bareng Lee Jung Jae, V BTS Diminta Main Squid Game

Didirikan pada tahun 1998, penghargaan ini merupakan acara tahunan yang dipersembahkan oleh Directors Guild of Korea (DGK) untuk menghargai film dan serial luar biasa yang dirilis pada tahun lalu. Nominasi dan pemenangnya dipilih secara eksklusif oleh direktur DJK.

Sementara Squid Game memenangkan penghargaan kategori Breakthrough Series – Long Format di Gotham Awards pada November tahun lalu dan menerima penghargaan khusus dari American Film Institute (AFI).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya