SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, (kanan) menerima ketupat dari masyarakat di pos pengamanan (Pospam) Lebaran sekitar Bundaran Pandawa, Solo Baru, Senin (9/5/2022). (Istimewa/Humas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sejumlah orang berkostum superhero membawa satu gerobak ketupat menuju pos pengamanan (Pospam) Lebaran di sekitar Bundaran Pandawa, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada Senin (9/5/2022).

Mereka membagikan ketupat tersebut kepada anggota Pospam Lebaran di Solo Baru sebagai wujud apresiasi karena menjaga kondusivitas keamanan selama Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aksi simpatik superhero Sukoharjo itu sebagai bentuk apresiasi. Berkat mereka, para pemudik yang menempuh perjalanan jauh dapat tiba di kampung halaman dengan selamat.

Para anggota Pospam Lebaran rela tak mudik ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga demi melaksanakan tugas.

“Orang lain berkumpul dengan keluarga saat Lebaran, para anggota Pospam Lebaran rela bertugas di lapangan. Mereka langsung turun ke lapangan saat terjadi kemacetan arus lalu lintas,” ujar Koordinator Komunitas Superhero Sukoharjo, Agus Widanarko, Senin (9/5/2022).

Baca Juga : Pemudik Mulai Balik ke Perantauan, Jalan di Sukoharjo Ramai Lancar

Pemuda asal Kampung Larangan, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo itu juga menyampaikan bahwa mereka rela mandi keringat saat mengatur arus lalu lintas agar tak terjadi kemacetan.

Saat banjir melanda kawasan Solo Baru pekan lalu, anggota Pospam Lebaran turun tangan mendorong sepeda motor yang mogok di pinggir jalan.

Bingkisan ketupat dari superhero Gatotkaca, Spiderman, dan Superman itu diterima langsung oleh Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan anggota Pospam Lebaran.

“Anggota TNI/Polri sudah bekerja keras selama libur Lebaran. Masyarakat harus berterima kasih dan mengapresiasi bukan justru mencaci maki seperti kasus penumpang mobil Alphard yang memarahi polisi saat mengatur arus lalu lintas di jalur mudik Lebaran,” ujar dia.

Baca Juga : Mudik Lebaran, Kaum Boro Nguter Sukoharjo bakal Buka Objek Wisata

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan masyarakat kepada anggota Pospam Lebaran.

Ada tiga Pospam Lebaran di Sukoharjo, yakni sekitar bekas Terminal Kartasura, Bundaran Pandawa, dan simpang lima atau Proliman Sukoharjo.

Anggota Pospam Lebaran stand by 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran. Hal ini sebagai bentuk tugas dan pelayanan terhadap masyarakat terutama pemudik yang pulang ke kampung halaman.

Mereka harus responsif apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas. Para anggota Pospam Lebaran turun ke lapangan di setiap pertigaan dan perempatan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas. “Kami ingin memastikan keamanan para pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.”

Baca Juga : Pantau Pemudik Nataru, Simpang Ngasem Kartasura Dipasangi Kamera CCTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya