SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–LSM Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaandan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM) Kota Solo mengungkap 30 kasus HIV baru selama bulan Oktober 2011. Sehingga, jika ditotal maka tercatat ada 657 kasus HIV/AIDS di Kota Solo.

Direktur LSM SPEK-HAM Kota Solo, Endang Listiani mengatakan, angka penularan dan temuan kasus baru selalu meningkat dari tahun ke tahun. Jika dirunut dari jumlah total kasus HIV/AIDS di Kota Solo maka ada lonjakan kasus rata-rata sekitar 11 hingga 15 kasus/bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hampir sebagian kasus HIV/AIDS cara penularannya melalui hubungan seksual. Hal ini yang patut diwaspadai,” ucapnya kepada wartawan di sela-sela seminar bertajuk Menuntut Tanggung Jawab Negara untuk Keterbukaan terhadap Akses Layanan Kesehatan Reproduksi di Taman Balekambang, Kamis (1/12/2011).

Dikatakannya, selama ini, wanita dan anak-anak menjadi kelompok yang mempunyai resiko dan rentan tertular penyakit HIV dari suaminya. Para kaum suami tidak menyadari jika tertulat penyakit HIV sehingga otomatis istri dan bayinya juga ikut tertular.

Berdasarkan data, peningkatan jumlah kasus HIV positif pada Ibu Rumah Tangga (IRT) dan bayi hingga bulan September 2011 sebanyak 163 kasus. Sebagian besar akibat dari penularan suami yang tidak mengetahui dirinya mengidap HIV positif.

(m101)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya