SOLOPOS.COM - Posko pelayanan pendaftaran MyPertamina di SPBU Tunjungan di Jl. Sragen-Ngawi, Dusun Kebayanan 1, Toyogo, Kabupaten Sragen, pada Sabtu (23/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Hampir sepekan terakhir, Posko MyPertamina hadir di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tunjungan, Sambungmacan, Sragen. Satu-satunya Posko MyPertamina di Sragen ini bertujuan membantu warga yang kesulitan untuk registrasi MyPertamina.

Posko ini dibuka setiap hari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Dalam sepekan terakhir ini hampir 100 orang per hari yang datang ke Posko MyPertamina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut petugas di Posko MyPertamina di SPBU Tunjungan, Seno Budi Utomo, kebanyakan yang datang adalah pemilik mobil pribadi dan pemilik mobil barang. Mereka membutuhkan bantuan untuk melakukan registrasi MyPertamina agar bisa membeli BBM bersubsidi.

Ada perbedaan cara pendaftaran di website dan aplikasi. Pendaftaran di aplikasi MyPertamina hanya membutuhkan nama, nomor handphone, dan PIN. Sedangkan di website ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi.

“Tata cara pendaftaran sebenarnya sudah tertera semuanya, tapi beberapa orang tua kurang mengerti internet, sehingga kita buat posko untuk melayani pendaftar yang kesulitan,” tambah Seno, saat ditemui Solopos.com di poskonya pada Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Kesulitan Mau Daftar MyPertamina? Datang Saja Ke SPBU di Sragen Ini

Untuk pemilik mobil pribadi, dokumen yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).  Sedangkan untuk pemilik mobil barang atau truk menggunakan dokumen tambahan dokumen uji kir, KTP, STNK, foto diri, foto unit.

“Antusiasme masyarakat masih kurang, karena kurang ada sosialisasi. Kebanyakan pendaftar tidak berhasil karena terdapat kekurangan dokumen yang harus diunggah,” tambah petugas lain di Posko MyPertamina di SPBU Tunjungan Andi Setiawan.

Salah satu pendaftar MyPertamina, Bimo Prasetyo, berkata kebijakan MyPertamina ini cukup ribet di awal. Tapi,  ke depannya bagus agar subsidi BBM agar tepat sasaran.” Posko ini [di SPBU Tunjungan  sangat membantu, karena SPBU lain belum ada,” tambah Bimo.

Baca Juga:oIni Daftar Kendaraan yang Tidak Berhak Pakai BBM Bersubsidi, Cek!

Melansir laman resmi mypertamina.id, pada Sabtu (23/7/2022) pendaftaran dilakukan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan pertalite dan solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya